Home » News » Kapankah Waktu Ideal Mengganti Oli Mesin?
News

Kapankah Waktu Ideal Mengganti Oli Mesin?

IOTOMOTIF.com – Oli merupakan komponen yang amat penting. Maka dari itu, penggunaan oli wajib hukumnya diperhatikan. Baik menggantinya maupun melakukan mengecekan secara berkala. Lantas kapan baiknya kita melakukannya?

Teknologi oli untuk mobil pun semakin lama semakin canggih. sehingga pabrikan mengklaim oli bisa digunakan hingga 10.000 kilometer.

Buku panduan perawatan mobil juga sudah menyertakan berapa lama dan kapankah waktu yang tepat untuk mengganti oli. Baik oli yang disebut bisa dipakai hingga 10.000 kilometer.

Misalkan saja pada Honda Brio Satya, dalam buku panduannya dijelaskan waktu penggantian oli yang disarankan dalam kondisi normal adalah setiap 6 bulan sekali atau 10.000 kilometer.

Sedangkan dalam kondisi berkendara yang berat, waktu dan jarak yang disarankan adalah setengahnya, yakni setiap 3 bulan sekali atau 5.000 kilometer.

Lalu, kapan waktu idealnya? Nah, kondisi berat bagi mesin untuk mobil passenger seperti Brio Satya, seperti berikut menurut buku manual adalah sebagai berikut:

  1. Jika sekali perjalanan kurang dari 8 km, atau pada suhu udara dingin kurang dari 16 km per perjalanan.
  2. Jika berkendara di suhu yang sangat panas, seperti di atas 35 derajat celcius.
  3. Sering berada dalam kondisi idle, atau menghadapi kondisi stop and go.
  4. Rak berisi muatan, atau di medan pegunungan yang mempengaruhi beban kinerja mesin.
  5. Jalanan berlumpur, berdebu.

Berdasarkan poin-poin di atas maka dapat terlihat bahwa mobil yang berada di kota-kota besar, seperti Jakarta berada dalam kondisi berkendara yang berat. Terutama poin yang menunjukkan mobil yang sering berada dalam kondisi idle.

Gordon Alexander Lit, Chief Technical and Training Officer Liqui Moly, oli asal Jerman untuk wilayah kerja Asia Pasifik di Jakarta menerangkan bahwa, “Masalahnya kan kalau di Indonesia macet meski jarak dekat, mesin tetap bekerja. Menunggu jarak untuk ganti oli, takutnya pelumasnya itu tidak akan maksimal lagi kerjanya.”

Maka dari itu, Gordon menilai idealnya ganti oli untuk kendaraan di kota-kota besar dihitung berdasarkan durasi pemakaian saja.

Ia pun mengatakan, “Setahun dua kali ganti oli untuk mobil itu tidak cukup. Saya rekomendasikan tiap tiga atau empat bulan ganti (tiga kali dalam setahun), meski belum sampai 10.000 km (atau jarak ideal penggantian oli).”

Agar tetap dalam kondisi yang benar, kita harus memoerhatikan kendaraan kita melalui oli. Ada baiknya untuk memahami buku manual mobil untuk mengganti oli mesin. Sebab, setiap mobil memiliki kabutuhan yang berbeda pula.