Home » Tips & Advice » Buyer's Guide » Mobil Mini Van Harga Rp 200 jutaan, Antara Daihatsu Luxio dan Suzuki APV
Comparisons Buyer's Guide

Mobil Mini Van Harga Rp 200 jutaan, Antara Daihatsu Luxio dan Suzuki APV

IOTOMOTIF.com –Indonesia memiliki pangsa pasar mobil mini van yang memang terbilang kecil. Pasalnya, masyarakat kini tengah menggemari mobil MPV dan crossover. Meski begitu, segmen mini van memiliki pasar tersendiri, salah satunya ialah pengusaha jasa travel.

Meski begitu, tidak ada salahnya juga apabila keluarga membeli mobil mini van. Mobil dengan dimensi yang cukup luas ini mampu mengangkut banyak orang dan barang bawaan keluarga. Ditambah lagi dengan harga yang tidak terlalu tinggi membuatnya menjadi salah satu pilihan mobil keluarga.

Dengan harga sekitar Rp 200 juta, setidaknya ada 2 produk yang ditawarkan. Produk pertama ialah Daihatsu Luxio 1.5 X AT dengan harga Rp 214,55 juta dan Suzuki APV Arena SGX AT yang hadir dengan harga lebih murah, yaitu Rp 211 juta. Keduanya adalah varian tertinggi dari masing-masing model.

Jika dilihat dari segi dimensinya, Daihatsu Luxio memiliki dimensi yang lebih besar dari mobil tandingannya, yaitu dengan panjang 4.215 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.915 mm. Dibanding Suzuki APV Arena yang memiliki panjang 4.1555 mm, lebar 1.655 mm, dan tinggi 1.855 mm.

Untuk performanya, Daihatsu Luxio agaknya sedikit lebih unggul. Mobil ini hadir dengan mesin 1.495cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 96 hp dengan torsi maksimum 124 Nm. Berbeda dengan Suzuki Arena APV yang hanya mampu menghasilkan daya 94 hp dan torsi 126 Nm dengan mengusung dapur pacu sebesar 1.493 cc. Keduanya memiliki transmisi otomatis 4-percepatan.

Bicara soal fitur, Daihatsu Luxio juga lebih unggul dibanding tandingannya tersebut.. Pasalnya, mobil ini memiliki beberapa fitur yang tidak ada pada Suzuki APV Arena, sebut saja keyless-entry, lampu kabut, arm-rest belakang, dan power-steering.

Sayangnya, keunggulan tersebut harus dibayar dengan selisih harga sebesar Rp3 jutaan. Agaknya, bagi pecinta mobil van juga tetap harus menimbang-nimbang sesuai kebutuhan.