Perbedaan Rem ABS Suzuki GSX-R150 dengan Honda CBR150R

IOTOMOTIF.com – Dalam ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan varian barun untuk motor sport andalanya, Suzuki GSX-R150 dengan fitur rem ABS (Anti-lok Braking System) two channel. Harga GSX-R150 ABS sendiri berbanderol Rp 33,15 juta, lebih mahal Rp 3 juta dari versi GSX-R150 Keyless.

“Diluar sana GSX-R150 dikenal dengan performa mesinnya yang tinggi, hadirnya fitur ABS ini sebagai jaminan untuk keselamatan bagi para penggunannya,” kata Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Dept. Head SIS.

Secara fisik terlihat jelas perbedaan GSX-R150 biasa dan versi ABS. Pertama ada stiker ABS di kedua sisi sepakbor depan, kedua terdapat rotor sensor ABS di kedua peleknya. Fitur ABS pada kendaraan berfungsi sebagai piranti keselamatan yang dapat mencegah roda mengunci saat melakukan pengereman secara mendadak, sehingga pengendara masih mampu mengendalikan laju sepeda motor dengan baik.

Di segmen motor sport 150 fairing, fitur keselamaan ABS lebih dulu diusung oleh Honda CBR150R, bahkan Yamaha R15 masih belum memiliki fitur tersebut walau memiliki mesin yang bertenaga berkat teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Lalu apa bedanya rem ABS pada Suzuki GSX-R150 dengan ABS pada Honda CBR150RR?.

Perbedaan rem ABS pada GSX-R150 dengan CBR150R tentu saja yang paling mencolok adalah pada harganya. New Honda CBR150R lebih mahal karena rem ABS miliknya sudah terintegrasi dengan fitur ESS (Emergency Stop Signal), sehingga saat rem mendadak hingga ABS aktif, kedua lampu sein akan berkedip dengan cepat.

ESS ini sebagai sinyal untuk pengendara di belakang agar lebih waspada saat motor melakukan pengereman mendadak. Sehingga fitur tersebut membuat versi ABS milik Honda CBR150R bisa lebih mahal. Di segmennya, GSX-R150 menjadi motor sport 150 cc yang dilengkapi rem ABS dengan harga paling murah

Banderol harga versi ABS Honda CBR150R paling murah Rp 37,8 juta untuk warna standar. Dan untuk varian warna Honda Racing Red jadi Rp 38,5 juta dan Repsol MotoGP sampai Rp 38,7 juta. Sementara harga Suzuki GSX-R150 ABS Dibanderol Rp 33 Juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here