Home » Tips & Advice » Buyer's Guide » Motor Bekas » Motor Bekas Lelang Kurang Laku, Ini Sebabnya
Motor Bekas

Motor Bekas Lelang Kurang Laku, Ini Sebabnya

Daftar Motor Sport Bekas Harga Rp 5 jutaan

IOTOMOTIF.com Selain dari pemilik langsung, salah satu cara pedagang motor bekas mendapat unit motor dagangannya adalah dari hasil mengikuti lelang yang digelar balai lelang. Namun menurut beberapa pedagang motor bekas, unit dari hasil lelang kurang diminati calon pembeli, apa sebabnya?.

Menurut Udin, pedagang motor bekas dari Makmur Motor yang buka showroom dan juga gadai BPKB di Jl. KH Hasyim Ashari, Tangerang Selatan yang dilansir dari gridoto, menurutnya unit motor dari hasil lelang memiliki usia yang tua.

“Karena unit yang didapat dari hasil lelang inii umumnya unit lama dengan usia pemakaian lebih dari 5 tahun atau bahkan lebih,” Ujar Udin.

Lebih lanjut menurut Udin, walaupun motor bekas lelangan berusia kurang dari 5 tahun, tipe motor tersebut ternyata kurang populer dipasaran seperti tipe motor bebek atau sport tanggung 125cc.

Hal terebut nyatanya umum ditemui pada balai lelang yang umumnya banyak menyodorkan kendaraan roda dua bekas operasional perusahaan besar atau instansi pemerintah.

“Beda untuk mereka yang memang sengaja mencari motor bebek atau sport lama untuk urusan restorasi,” ungkap Zulfikar dari Gelora Motor Bekas dari kawasan Kebayoran Lama. Jakarta Selatan yang mengaku ikutan lelang kalau ada unit motor yang diincar.

Seperti misalnya Honda Astrea Grand atau Yamaha Scorpio yang memang lagi banyak diminati untuk direstorasi dan juga bahan modifikasi. Perlu dijadikan catatan adalah kondisi motor yang kadang tidak sesuai dengan apa yang tertera di list yang diberikan balai lelang kepada calon peserfta lelang.

“Bisa jadi semua diborong untuk kemudian dicermati, Mana yang bisa dipertahankan dan mana yang bisa dikanibal jika ada unit motor yang jeroan mesin atau komponenya sudah tidak ada,” lanjut Marwanto dari Kebagusan Motor, bengkel restorasi yang sering ikutan lelang buat cari bahan.

Di balai lelang jarang ditemui cara main oplos daleman mesin seperti yang terjadi atau yang umum ditemui pada motor tarikan leasing. Tapi biasanya jeroan atau bagian di mesin yang sudah rusak tetap diperbaiki tapi dipasang asal jadi supaya tetap bisa ikut lelang. Seperti terkesan dikerjakan terburu-buru.

Jadi sebagai pembeli motor bekas tentunya tidak mau mengambil resiko jika membeli motor bekas lelang, seain itu calon pembeli harus lebih cermat dan teliti dalam memilih kendaraan bekas agar tidak dirugikan.

Add Comment

Click here to post a comment