Home » News » Nasional » Polisi Mulai Uji Coba e-Tilang di Jalan Sudirman-Thamrin
Nasional Technology

Polisi Mulai Uji Coba e-Tilang di Jalan Sudirman-Thamrin

IOTOMOTIF.com – Dalam rangka menerapkan ketertiban berlalu lintas, pemerintah dan kepolisian menerapkan berbagai cara, salah satunya adalah penerapan e-tilang dengan memasang CCTV (closed circuit television) di sejumlah jalan.

Ditlantas Polda Metro Jaya sendiri sudah mulai melakukan uji coba electronic traffic law enforcement (E-TLE) di sekitar Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman saat penerapan Electronic Law Traffic Enforcement (E-LTE) atau E-Tilang. Selama masa sosialisasi ini, dipastikan belum ada tindakan tilang elektronik kepada pelanggar lalu lintas.

Hal ini diungkapkan langsung oleh AKBP Budiyanto, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya. Dia mengatakan bahwa selama 30 hari ke depan hanya sosialisasi seperti pembagian stiker dan pemasangan spanduk.

“Jadi setelah itu baru akan ada tindakan tilang kepada pelanggar lalu lintas di jalan tersebut,” ujar Budiyanto.

Budiyanto juga menerangkan bahwa langkah tersebut dilakukan sama seperti ketika menerapkan kebijakan baru, salah satunya adalah ganjil genap. Selama masa uji coba tidak akan ada sanksi pembayaran denda bagi pelanggar.

“Jadi kita akan sosialisasikan dulu sambil mempersiapkan segala sesuatunya,” ucap Budiyanto.

Jenis pelanggaran yang perlu diketahui pengguna kendaraan, seperti melewati garis di lampu merah, menerobos lampu merah, melawan arah hingga ganjil-genap.

Untuk melangsungkan e-tilang ini, terdapat 12 anggota kepolisian yang memantau kamera dari TMC Polda Metro Jaya. Mereka bertugas untuk menentukan jenis pelanggaran yang dilakukan pengendara setelah kamera meng-capture dan mengirimkan gambar ke para operator.

“Jadi 12 orang per 12 jam. Jadi tiap 12 jam diganti. Tiga shift. Nanti CCTV kalau sudah banyak kami tambah (petugas),” terang Yusuf , Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar.