Home » Tips & Advice » Owner's Guide » Daftar Masalah pada Mobil Toyota Avanza yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya
Owner's Guide

Daftar Masalah pada Mobil Toyota Avanza yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Daftar Masalah Mobil Toyota Avanza yang Sering Terjadi

IOTOMOTIF.com – Mobil yang dijuluki mobil sejuta umat ini memang mobil yang cukup laris dipasaran hingga saat ini. Toyota Avanza termasuk MPV yang cukup irit dan sangat cocok dijadikan mobil keluarga karena memang harganya yang terjangkau dan nyaman dikendarai.

Mesinnya pun cukup kuat dan jika dijual lagi, harganya pun stabil. Dari banyaknya kelebihan dari mobil yang satu ini tak heran jika banyak orang menggemari mobil ini.

Namun setiap mobil yang diproduksi, pasti terdapat kekurangannya juga. Kekurangan inilah yang nanti berpotensi menimbulkan masalah pada mobil Avanza. Sebelum membeli Toyota Avanza, ada baiknya anda perlu mengetahui beberapa kelemahannya.

Berikut ini adalah masalah-masalah yang sering terjadi pada mobil Avanza:

  • Masalah Pada Kipas

Masalah pertama yang sering terjadi pada Avanza adalah kipasnya. Umumnya kipas mobil Avanza memiliki umur yang singkat. Khususnya Avanza tahun 2010, anda harus mengamati motor fan atau kipasnya jika anda ingin memiliki atau membeli Toyota Avanza 2010. Sebaiknya anda segera lakukan penggantian apabila usianya lebih dari lima tahun atau sudah menempuh jarak lebih dari 130.000 kilometer.

Baca Juga : Gas Mobil Kosong, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Fungsi kipas sendiri adalah untuk menyalakan AC dan menstabilkan suhu mesin agar tidak overheat. Jika kipas sudah tua, tentu harus diganti agar bisa menunjang kemampuan pendinginan. Untuk mengetahui usia kipas, lihatlah tanggal produksi yang tertulis di rumah kipas.

  • Kabin Kurang Kedap Suara

Masalah kedua yang sering terjadi adalah kabin yang kurang kedap suara. Banyak yang mengeluh terkait hal ini, karena suara deruan mesin kerap terdengar di ruang kabin. Beberapa orang berpendapat bahwa masalahnya ada di kurangnya kualitas bahan kedap suara di bagian interior. Wajar saja karena harganya pun terjangkau.

  • Masalah Pada Karet Pintu

Masalah yang ketiga adalah pada karet pintu. Khususnya Avanza 2010, sebainya anda sering mengecek karet pintunya. Karet pintu yang sudah getas sebaiknya diganti karena tentunya berpengaruh pada kekedapan kabin. Untuk mengecek kekedapan kabin, anda bisa menyelipkan kertas di pintu lalu cobalah untuk menggesernya. Normalnya butuh tenaga besar untuk menggesernya. Namun, jika mudah digeser, berarti karet sudah waktunya diganti karena daya rekatnya sudah melemah.

Baca Juga : Mobil Bermasalah, Perhatikan Cara Mematikan Mesin yang Tepat

  • Masalah Suspensi Belakang

Masalah keempat yang sering terjadi pada mobil Avanza adalah suspensi belakangnya. Terkadang terdengar suara dug-dug dari suspensi belakang. Ini terjadi karena bagian belakang Toyota Avanza yang biasa diisi oleh beban berat seperti penumpang dan barang-barang. Pada dasarnya bunyi itu bukan berasal dari kaki-kaki mobil. Tapi pada karet stabilizer yang harus diganti.

Fungsi stabilizer adalah menstabilkan mobil agar ketika berkendara tidak limbung. Jika karet stabilizer rusak, maka anda harus menyetir lebih pelan dan membawanya ke bengkel. Ongkos menggantinya pun lumayan murah yaitu sekitar seratus ribu rupiah.

  • Masalah Pada Aki

Masalah selanjutnya terdapat pada aki. Aki mobil Avanza terkadang susah dikendalikan dan menimbulkan masalah. Misalnya mobil tidak bisa menyala ketika mesinnya masih panas. Namun masalah ini sering timbul pada Avanza keluaran lama dan jarang timbul pada Avanza merk baru.

  • Fitur Keselamatan Kurang

Karena fitur keselamatan Avanza bisa dibilang kurang. Tentu ini berpengaruh pada keamanan mengemudi. Ada statistik yang menyebutkan bahwa Toyota Avanza termasuk mobil yang sering mengalami kecelakaan di negara ini. Salah satu kekurangannya adalah tidak adanya ABS. Padahal ABS sangat penting untuk keamanan ketika pengemudi terpaksa melakukan pengereman mendadak