Home » News » Global » Hyundai Uji Autonomous Level 3 pada Truk Heavy Duty Xcient
Commercial Vehicle Global

Hyundai Uji Autonomous Level 3 pada Truk Heavy Duty Xcient

Hyundai Xcient Autonomous Heavy Duty Truk

IOTOMOTIF.com – Merek mobil dan truk asal Korea Selatan, Hyundai baru saja melakukan demonstrasi autonomous Level 3 pada truk heavy duty, Xcient.

Uji coba truk autonomous level 3 ini menggunakan truk heavy duty Hyundai Xcient yang berjalan sepanjang 40 kilometer di jalan tol antara Uiwang dan Incheon. Tidak hanya itu, truk juga mengangkut semi trailer besar untuk lebih mendekati simulasi nyata kegiatan transportasi logistik. Untuk melakukan demonstrasi ini, menteri transportasi setempat memberikan ijin jalan sementara untuk pertama kalinya pada truk heavy duty autonomous.

“Kesuksesan demonstrasi ini membuktikan inovasi teknologi autonomous dapat digunakan untuk melakukan ubahan pada industri logistik saat ini,” kata Malik Ziegler, Ph.D., Director of Commercial Vehicle R&D Strategy Group at Hyundai Motor Company.”Pada tahap ini, pengemudi manusia masih digunakan untuk mengendalikan kendaraan secara manual pada kondisi tertentu, tapi saya yakin kita akan segera mencapai Level 4 dengan terus meningkatnya kemampuan teknologi kami.”

Truk Hyundai Xcient sendiri memiliki kapasitas angkut hingga 40 ton dan dilengkapi dengan Society of Automotive Engineers (SAE) standar untuk level 3 autonomous yang membuat kendaraan mampu mengendalikan roda kemudi, akselerasi dan melambat, dan bermanuver melewati lalu lintas tanpa campur tangan manusia. Satu sopir berada di depan kemudi untuk mengambil kendali secara manual bila dibutuhkan.

Tidak hanya itu, sistem autonomous juga mampu mempertahankan dan berubah jalur selama lalu lintas normal, mendeteksi perubahan jalur pada kendaraan di depan, navigasi di dalam terowongan, dan mampu berakselerasi atau berhenti penuh tergantung lalu lintas yang ada. Kendaraan dilengkapi dengan 10 sensor, termasuk tiga di depan dan kamera samping, tiga LiDar di depan dan samping.