Buyer's Guide

Tips Memilih Mobil Murah dan Berkualitas Sesuai Kebutuhan

IOTOMOTIF.com – Saat ini mobil memang menjadi kebutuhan tersendiri. Terutama bagi yang memiliki mobilitas yang cukup tinggi. Sehingga kehadiran mobil akan sangat membantu mempermudah transportasi sehari-hari.

Sayangnya, mobil bukanlah barang yang murah, terutama bagi mereka yang kelas menengah ke bawah. Meskipun begitu, bukan berarti anda tidak bisa mendapatkan mobil idaman anda. Bagi anda yang mencari mobil murah berkualitas, berikut ini ada beberapa tips memilih mobil murah yang dapat anda lakukan.

Tips Memilih Mobil Murah Terbaik Sesuai Kebutuhan

  1. Memilih LCGC atau Mobil Bekas

Jika dana yang anda miliki terbatas, maka pilihannya pada mobil LCGC (Low Cost Green Car) ataupun membeli mobil murah yang berkualitas. Hal ini penting untuk dipertimbangkan dengan matang. Jika anda masih pemula dan belum mengetahui banyak tentang mobil, mungkin anda lebih memilih jenis mobil LCGC.

Kondisinya yang masih baru, membuat anda tidak perlu memikirkan terkait kondisi ataupun masalah-masalah yang terjadi dalam beberapa waktu kedepan. Apalagi mobil-mobil LCGC ini biasanya adalah jenis city car yang memang cocok dikendarai di daerah perkotaan.

Namun jika anda mencari fitur-fitur yang lengkap, akan lebih baik untuk memilih mobil bekas. Hal ini karena beberapa LCGC saat ini memang cenderung dibekali fitur-fitur yang minim karena murahnya harga jual di pasaran.

  1. Pastikan Tujuan dalam Membeli Mobil

Apabila masih bingung dalam memilih jenis mobil mana yang sesuai dengan kebutuhan, maka lihatlah kembali tujuan anda untuk membeli mobil tersebut. Hal ini akan sangat membantu dalam memilih tipe dan jenis mobil apakah yang cocok untuk anda.

Misalnya saja jika anda membutuhkan mobil keluarga dengan kabin mobil yang lega dan fitur keamanan yang cukup maka mobil yang cocok untuk keluargayang bisa dipilih mungkin sejenis MPV ataupun minibus.

Apabila membutuhkan mobil untuk keperluan ke kantor sehari-harinya, anda bisa memilih jenis city car. Namun jika anda membutuhkan mobil untuk komersil seperti dagang mungkin jenis mobil pick up akan cocok untuk kebutuhan anda.

  1. Belilah Di Tempat Yang Terpercaya

Meskipun anda menginginkan mobil murah, namun bukan berarti anda tidak memperhatikan tempat untuk membelinya. Apalagi jika anda mencari mobil bekas berkualitas dibawah 50 juta, tentunya pemilihan tempat yang kurang terpercaya memiliki resiko tinggi akan penipuan.

Untuk itu, akan lebih baik untuk memilih showroom mobil yang sudah terpercaya. Sehingga nantinya jika terjadi masalah atau kerusakan, anda bisa langsung menanyakan kepada pihak showroom mobil tersebut.

  1. Perhatikan Fitur-Fitur Mobil

Meskipun anda menginginkan mobil yang murah, bukan berarti anda menyepelekan fitur-fitur mobil yang anda butuhkan terutama pada fitur kenyamanan dan keamanan. Kedua fitur ini tentunya sangat penting dalam sebuah mobil. Meskipun anda menginginkan harga yang murah, namun tetap perhatikan fitur-fitur tersebut.

Saat ini mobil LCGC memang sudah dilengkapi beberapa fitur-fitur keamanan dan kenyamanan yang mendukung. Jika dirasa kurang anda bisa membeli mobil bekas murah berkualitas dengan fitur-fitur canggih yang cukup lengkap.

  1. Siapkan Dana 20-30% Dari Nilai Mobil

Jika anda berniat mobil SUV termurah dengan cara kredit, maka setidaknya siapkan dana kurang lebih 20-30% dari harga mobil untuk dijadikan sebagai DP. Biasanya DP untuk mobil berkisar 10-20%, namun akan lebih baik jika anda mempersiapkan dana lebih agar anda bisa melakukan negoisasi untuk membuat cicilan perbulan berkurang ketika DP dinaikkan.

Biasanya pihak showroom mobil bisa memberikan harga yang fleksibel. Sehingga pintar-pintarlah dalam bernegoisasi untuk bisa mendapatkan harga yang murah.

  1. Pilih Waktu Bernegosiasi Yang Tepat

Akan lebih baik jika anda memilih waktu yang tepat untuk bernegoisasi dengan pihak showroom mobil. Misalnya saja saat showroom atau dealer tersebut sedang gencar melakukan promosi, pameran mobil, akhir bulan, dan lainnya.

Biasanya di waktu-waktu ini dealer sedang mengejar target penjualan, sehingga mereka akan memberikan diskon tambahan untuk mobil-mobil yang mereka jual. Anda bisa memanfaatkan hal ini utnuk mendapatkan mobil murah yang berkualitas.

  1. Jangan Lupa Membandingkan Harga

Jangan terlalu terburu-buru untuk mendapatkan mobil-mobil murah dan berkualitas. Akan lebih baik jika anda membandingkan harga-harga mobil dariĀ  beberapa showroom mobil. Perhatikan harga mobil yang ditawarkan hingga fasilitas-fasilitas yang diberikan.

Setelah melakukan perbandingan harga tersebut, anda bisa menentukan mana yang memberikan penawaran terbaik untuk anda. Sehingga nantinya anda bisa mendapatkan mobil yang sesuai dengan budget yang anda miliki.

Gas Mobil Kosong, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Previous article

Hyundai i30 Fashback N, Hatchback Performa untuk Penggunaan Harian

Next article

You may also like