Home » Tips & Advice » Owner's Guide » Manfaat Memasang Alarm Mobil, Bukan Hanya Sebagai Pengaman
Owner's Guide

Manfaat Memasang Alarm Mobil, Bukan Hanya Sebagai Pengaman

IOTOMOTIF.com – Alarm mobil merupakan perangkat elektronik yang tujuan pemasangannya adalah untuk mencegah pencuri yang mencoba masuk ke mobil ataupun pencuri yang ingin mengambil bagian-bagian mobil. Setiap mobil yang diproduksi saat ini pasti dilengkapi dengan alarm. Cara kerja alarm mobil ialah mengeluarkan suara yang bervolume tinggi. Pada beberapa kendaraan, suara alarm dapat disertai dengan kedap-kedip lampu mobil.

Walaupun alarm mobil bukan termasuk komponen mesin mobil yang utama, alarm tetap memiliki peranan penting bagi pengendara. Pemasangan alarm mobil dapat menjadi salah satu tips mencegah mobil dari kemalingan. Selain menjadi bagian dari menjaga mobil dari kemalingan, pemasangan alarm mobil juga memiliki banyak manfaat lainnya, khususnya manfaat yang berkaitan dengan manfaat ekonomi. Berikut adalah penjelasannya.

Manfaat Alarm Mobil

Pernah mengalami kemalingan? Apalagi yang hilang ialah mobil kesayangan anda. Kemalingan mobil merupakan mimpi buruk bagi setiap pengemudi mobil. Banyak upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah hal ini. Pemasangan alarm adalah salah satunya. Alarm mobil selain dapat mencegah kemalingan, ternyata juga berpengaruh terhadap klaim asuransi kendaraan. Pengemudi selain perlu mengetahui cara klaim asuransi mobil lecet, juga harus tahu tentang klaim asuransi kehilangan mobil. Dilansir dari laman autos.com, pemasangan alarm mobil memiliki beberapa manfaat yang berkaitan dengan manfaat ekonomi bagi pemiliknya, termasuk kemudahan klaim asuransi.

  1. Menambah Nilai Jual

Mungkin, beberapa dari kita agaknya bertanya-tanya “saya tinggal di lingkungan yang relatif aman dan jauh dari keramaian, untuk apa saya perlu memasang alarm mobil?”. Jawabannya adalah untuk menambah nilai jual mobil Anda.

Memasang perangkat tambahan setelah pembelian seperti alarm dapat membantu dalam mendongkrak harga jual mobil Anda. Ketika pembeli melihatnya dan Anda mampu menjelaskan keunggulan serta cara kerjanya, maka kemungkinan Anda dapat menaikkan harga mobil dari sebelumnya.

  1. Membantu dalam Klaim Asuransi

Pada perusahaan asuransi melakukan penaksiran resiko atau risk assesment tidak hanya dari riwayat berkendara Anda saja, tetapi juga dari tahun keluaran mobil, model dan juga lingkungan garasi tempat mobil tersebut diparkirkan. Dengan kata lain, keselamatan dan keamanan adalah prioritas asuransi mobil dalam melakukan penghitungan resiko.

Maka dari itu, pemasangan komponen pelengkap seperti alarm mobil, melakukan dokumentasi ketika pemasangannya lalu memberitahukan penanggung atau insurer perihal pemasangan ini dan meyakinkannya bahwa mobil kita sudah terproteksi dengan baik dapat membantu mengurangi jumlah uang yang dibayarkan ketika mengajukan klaim.

  1. Menghindari Biaya yang Timbul Akibat Pencurian

Semua orang tahu jika mobil dicuri maka pemiliknya akan mengalami kerugian. Mobil mahal milik Anda yang dicuri  itu tentu tidak bisa lagi dikendarai ataupun dijual kembali. Meskipun ada kemungkinan mobil Anda ditemukan oleh pihak yang berwenang, namun bukan berarti kerugian Anda akan hilang.

Biasanya mobil hasil curian yang berhasil ditemukan oleh polisi atau pihak yang berwenang akan disita. Jika ingin diambil kembali pemiliknya harus membayar uang penyitaan. Dilansir dari laman autos.com, besaran uang penyitaan atau impound fee di Amerika adalah sebesar $100 atau sekitar Rp.1.500.000.

Tentu ini bukan jumlah yang sedikit. Pemasangan alarm pada mobil dapat menghindari kerugian ini sejak awal.