Home » News » Nasional » Penerapan Integrasi Tol JORR Dimulai Akhir Pekan
Nasional Business & Industry

Penerapan Integrasi Tol JORR Dimulai Akhir Pekan

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Rencananya Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) akan terintegrasi pada akhir pekan ini, mulai pukul 00.00 WIB pada 29 September 2018. Berbeda dengan kabar yang sebelumnya beredar akan dimulai 22 September 2018.

“Informasi yang dimulai 22 September 2018 lalu tidak benar, yang benar 29 September 2018 akan kita mulai (integrasi) start pukul 00.00 WIB,” terang Herry Trisaputra Zuna, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)dilansir dari Kompas.

Herry juga menjelaskan bahwa proses sosialisasi sudah dilakukan bersama dengan Jasa Marga. Mulai dari penempelan spanduk hingga membagikan brosur pengumuman integrasi di ruas dan gerbang jalan tol. Hery juga mengungkapkan bahwa selama ini belum ada masalah terkait penerapan sistem integrassi di JORR. Bahkan integrasi ini mendapatkan positif dari masyarakat untuk menekan angka kemacetan.

“Jadi kita sosialisasikan dulu saat ini supaya pengguna tidak kaget nanti. Secara kesiapan tidak ada masalah, sudah berjalan masyarakat juga sudah menerima karena memang tujuannya untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menurunkan biaya logistik,” kata Herry.

Dengan adanya integrasi ini akan menghapuskan beberapa gerbang jalan tol yang sering menjadi titik kemacetan di akses JORR, seperti di Meruya Utama, Meruya Utama 1, Semper Utama, Rorotan, dan Pondok Ranji. Hal ini membuat pengguna jalan tol hanya cukup melakukan pembayaran saat masuk.

Mengenai tarif sendiri, golongan I menjadi Rp 15.000,-, golongan II-III menjadi Rp 22.500,-, golongan IV-V menjadi RP 30.000,-. Sedangkan untuk Bintaro Viaduct-Pondok Aren, Golongan I Rp 3.000, Golongan II-III Rp 4.500, dan Golongan IV-V sebesar Rp 6.000.