Home » News » Global » Bus Tanpa Sopir Siap Bawa Pengunjung Keliling Asian Games 2018
Global Technology

Bus Tanpa Sopir Siap Bawa Pengunjung Keliling Asian Games 2018

Bus Listrik Autonomous Asian Games 2018

IOTOMOTIF.com – Terdapat hal menarik sepanjang perhelatan Asian Games 2018 di GBK, Senayan. Ada bus tanpa sopir yang digunakan Telkomsel sebagai salah satu used case jaringan 5G dan juga bisa digunakan oleh pengunjung Asian Games.

“Kendaraan otonom atau kendaraan tanpa pengemudi ini merupakan sebuah contoh dari kecanggihan teknologi LIDAR (Light Detection and Ranging), AI (Artificial Intelligent) dan tentunya teknologi 5G untuk mewujudkan Indonesia 4.0. Dengan menghadirkannya di perhelatan Asian Games 2018 sebagai bagian dari Telkomsel 5G Experience Center, Telkomsel memastikan kesiapan armada ini dapat memenuhi animo masyarakat, terutama mereka yang menonton pertandingan di area Gelora Bung Karno,” ungkap Vice President Technology & system Telkomsel, Indra Mardiatna.

Para pengunjung yang ingin mencoba bus autonomous di Asian Games dapat menunggu di halte depan Telkomsel Expericen Centre, Gelora Bung Karno. Bus autonomous tanpa sopir akan mengelilingi rute perjalanan yang akan dilaluinya setelah mengunduh peta dan bergerak menggunakan GPS. Sistem keamanan bus juga sudah terjamin dan tidak akan menabrak pejalan kaki yang ingin menyeberang karena memiliki sensor untuk mendeteksi keberadaan manusia.

Bus tanpa sopir di Asian Games ini dibuka untuk umum sejak tanggal 19 Agustus yang lalu hingga 2 September 2018 mendatang di kawasan GBK.

“Kami memastikan kendaraan otonom dengan teknologi AI dan 5G Telkomsel ini mampu memfasilitasi animo dan antusias masyarakat, tanpa mengganggu jalannya jalur pertandingan dan kebutuhan para atlet serta masyarakat,” tutup Indra.