Home » Tips & Advice » Owner's Guide » Ciri Waktu Pergantian Kampas Rem
Owner's Guide

Ciri Waktu Pergantian Kampas Rem

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Performa mesin yang baik tentunya harus diimbangi dengan kualitas pengereman yang memadai. Apalagi jika mobil Anda bertransmisi otomatis yang dikenal lebih minim engine brake. Fungsi kampas rem tentu sangat vital untuk menjaga performa pengereman tetap optimal. Berikut adalah ciri-cirinya jika ia harus diganti.

Jika kampas rem mobil Anda sudah habis, ada beberapa tanda-tanda yang dapat dirasakan. Contohnya, adalah bunyi berdecit. Bunyi berdecit memang juga bisa jadi indikasi kotoran menelusup di antara kampas rem dan piringan rem. Tapi, bunyi decit juga bisa jadi indikasi pelat metal kampas rem yang sudah langsung kontak dengan piringan rem, akibat kampas rem yang sudah habis.

Untuk memastikan bunyi decit itu indikasi kotoran atau kampas habis, Anda harus lepas ban di area yang berbunyi. Setelah ban terlepas, baru Anda bisa lihat ketebalan kampas rem via lubang di tengah kaliper. Jika benar kampas rem masih tebal, buka kaliper untuk membersihkan kotoran yang menempel.

Cara lain yang paling mudah adalah dengan cek ketinggian volume minyak rem. Buka kap mesin, lalu lihat ketinggian volume minyak rem. Jika berkurang dari area tengah, indikasi kampas rem menipis. Pastikan juga tidak ada kebocoran minyak rem.