Home » Tips & Advice » Owner's Guide » Tips Cara Memperbaiki Kerusakan Bodi Karena Batu Kerikil
Owner's Guide

Tips Cara Memperbaiki Kerusakan Bodi Karena Batu Kerikil

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Penyok kerikil atau paint stone chips merupakan kerusakan akibat lontaran batu kerikil di panel bodi. Luas areanya memang sangat kecil, tapi biasanya cat sampai terkelupas. Menjengkelkan memang, karena kerusakan seperti ini bisa terjadi di beberapa titik.

Umumnya terjadi di panel kap mesin karena lontaran kerikil biasanya berasal dari kendaraan di depan Anda. Jika tidak segera ditangani, lama kelamaan bisa memicu timbulnya karat.

Proses perbaikan bodi mobil yang rusak dikarenakan kerikil bisa dilakukan sendiri, dan tanpa peralatan khusus. Cukup bersihkan permukaan titik tersebut dengan alkohol. Tujuannya, agar cat bisa menyatu dengan panel di sekitarnya.

Sediakan cat kaleng kecil yang biasanya diberikan saat membeli mobil baru. Lalu siapkan kertas koran yang digulung hingga mempunyai sisi lancip. Setelah itu, Anda tinggal melakukan touch-up menggunakan perlengkapan tadi.

Bagaimana jika permukaan yang rusak tersebut sudah terjadi karat? Anda harus menggosok dengan bagian ujung kertas amplas. Lalu setelah karatnya bersih, tinggal lakukan cara seperti di atas.

Perlu dipahami, langkah ini sebaiknya dilakukan oleh profesional. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mau mencoba dulu sebelum menyerahkannya ke bengkel bodi. Karena siapa tahu hasilnya bagus, Anda bisa mengantisipasi kejadian serupa di masa mendatang karena paint stone chips termasuk sering terjadi.