Owner's Guide

Jenis dan Klasifikasi Klakson Mobil

Jenis dan Klasifikasi Klakson Mobil

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Seperti sudah disinggung di atas, dalam dunia otomotif ada dua jenis klakson yang umum digunakan oleh para produsen mobil. Keduanya ialah klakson keong dan piringan.

Klasifikasi klakson model keong mempunyai dimensi cukup besar dengan bentuk mirip seperti rumah keong atau siput. Sedangkan klakson piringan umumnya berbentuk bulat seperti dua piring menyatu. Lantas apa perbedaan kedua klakson ini?

Klakson Piringan

Klakson piringan tidak menggunakan corong resonansi untuk menghantarkan suara. Jenis klakson ini menggunakan plat resonansi. Dalam sistem klakson piringan ini terdapat banyak komponen seperti plat resonansi, membran, jangkar, magnet listrik, pegas, kontak pemutus, baut pengikat, baut penyetel kontak, mur penyetel kontak dan kondensator.

Klakson Keong

Perbedaan klakson model keong dengan piringan hanya pada corong resonansi serta suara yang dihasilkan. Meski bentuknya cenderung lebih besar dari piringan, komponen klakson model ini justru lebih sedikit dan beberapa komponen sama seperti model piringan.

Komponen yang ada pada klakson keong ialah plat dudukan magnet listrik, membran, magnet listrik, jangkar, mur pengikat, kontak pemutus, kondensator, baut penyetel kontak dan corong resonansi. Hasil suara dari sistem klakson keong akan terdengar lebih menyebar.

Berbeda dengan klakson model piringan suara yang dihasilkan terdengar lurus ke depan dan lebih jauh. Adapun panjang corong resonansi pada model keong ini harus disesuaikan dengan frekuensi yang biasanya lebih rendah dari model piringan.

Mitsubishi Xpander Jadi Primadona di Area Test Drive GIIAS 2018

Previous article

Booth NGK Busi di GIIAS 2018 Hadirkan Berbagai Prromosi

Next article

You may also like