Owner's Guide

Penyebab Rusaknya Kisi AC Mobil

Penyebab Rusaknya Kisi AC Mobil

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Dalam berkendaran dengan mobil, para penumpang pasti menginginkan kenyamanan di dalamnya. Terutama mengenai suhu di dalam mobil, karena itu perlu untuk melakukan pengecekan agar AC tetap dalam kondisi optimal.

Di balik cara kerjanya yang sangat sederhana, kisi-kisi AC memiliki peran penting untuk menciptakan suasana berkendara nyaman. Jelas fungsinya adalah mengatur arah embusan AC agar udara dinginnya terdistribusi merata ke seluruh area kabin.

Seperti komponen mobil yang lain, agar memiliki umur pakai panjang, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan. Di antaranya dari pola pemakaian hingga cara tepat untuk membersihkannya, mengingat bentuknya terdiri dari sekat-sekat yang sulit dijangkau.

Lantas apa saja yang mesti dilakukan agar sang ‘gerbang’ udara AC tetap bekerja optimal? berikut pemaparan kami yang bisa dijadikan acuan.

Faktor Penyebab Rusaknya Kisi-kisi AC

Untuk mobil modern sekarang ini kerusakan kisi-kisi AC kebanyakan disebabkan dari faktor penggunanya sendiri. Mulai penggunaan pewangi kabin hingga perilaku anak kecil yang terkadang jahil menjadi faktor penyebab.

Penyebab kerusakan kisi-kisi AC untuk mobil modern lebih dikarenakan penggunanya sendiri, berbeda dengan Kijang ‘Kapsul’ yang materialnya mudah rusak karena pengaruh umur.

Dengan penggunaan pewangi kabin yang dijepitkan pada kisi-kisi AC perlu mendapat perhatian lebih. Terutama ketika melakukan penggantian dengan yang baru. Saat sudah habis dan ingin menggantinya, biasanya pengguna mobil suka lalai. Padahal pengharum ini memiliki penjepit agar posisinya tetap stabil.

Tidak boleh sembarang tarik untuk melepasnya, perlu dilepaskan pengaitnya dahulu menggunakan obeng atau alat lainnya agar tidak merusak kisi-kisi AC.

Selain itu, ketika melakukan perjalanan, terkadang anak kecil yang sedang bosan berujung pada keisengan untuk memainkan kisi-kisi AC. Biasanya karena anak kecil suka mencolok-colok menggunakan tangan atau benda asing yang menyebabkan kisi-kisi AC rusak.

Suzuki Siap Luncurkan Jimny Generasi Baru di GIIAS 2018

Previous article

Ini Mitsubishi Xpander Baru Yang Rilis di GIIAS 2018

Next article

You may also like