Daftar Mobil Baru Siap Tampil di GIIAS 2018

Mobil Baru 2018 GIIAS 2017

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Ajang tahunan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 akan berlangsung pada 2 – 12 Agustus 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Menghadapi acara tahunan tersebut, sejumlah pabrikan otomotif melakukan berbagai persiapan untuk mengejutkan para pengunjung, mulai dari promo dan diskon hingga mobil baru.

Sebelumnya disebutkan bahwa pada pameran nanti setidaknya ada 40 model baru yang akan debut, baik itu model konsep maupun versi produksi. Berikut kami berikan sejumlah rangkuman produk baru yang akan hadir di GIIAS 2017. Apa saja?

Nissan

Versi baru SUV Nissan Terra akan debut pada ajang GIIAS 2018. Mobil SUV platform ladder frame yang dibuat dengan basis Nissan Navara itu sudah diperkenalkan di China pada April lalu. Mobil memang sudah cukup lama dikabarkan akan meluncur pada hajatan tahunan tersebut.

Di China, Nissan Terra hadir dengan konfigurasi 5 tempat duduk dengan pilihan mesin bensin. Sedangkan pasar Filipina, Terra memiliki konfigurasi 7 penumpang dan mesin diesel. Untuk saat ini masih belum diketahui konfigurasi Nissan Terra yang akan dibawa ke Indonesia, hanya dikatakan menggunakan mesin diesel bertenaga 190 hp dan torsi 450 Nm.

Mitsubishi

Melihat kesuksesan produk LMPV Xpander yang meluncur di ajang yang sama tahun lalu, pabrikan berlogo tiga berlian, Mitsubishi rencananya akan menghadirkan varian baru penantang Avanza itu. Model baru itu dikatakan Xpander GLS dengna transmisi otomatis, untuk melengkapi jajaran pilihan transmisi otomatis yang sudah ada sebelumnya, Exceed, Sport dan Ultimate.

Mazda

Mobil Baru Mazda GIIAS 2018 Preview

Masih pada merek mobil asal Jepang, Mazda juga dikabarkan akan menghadirkan produk baru di GIIAS 2018. Sayangnya Mazda masih enggan untuk mengungkapkan lebih lanjut, hanya memberikan gambar preview pada konferensi pers GIIAS 2018. Dari gambar yang ditampilkan, versi baru itu memiliki bentuk sedan.

Diperkirakan dua produk baru Mazda tersebut adalah Mazda6 bermesin turbo yang juga digunakan pada Mazda CX-9 dan Mazda CX-3.

Hyundai

2019 Hyundai Santa Fe

Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai akan datang ke GIIAS 2018 tanpa ditemani saudaranya, Kia yang memilih absen karena tidak memiliki produk baru. Rencananya Hyundai akan meluncurkan dua produk baru.

Pertama adalah Hyundai H-1 yang sudah diperkenalkan beberapa waktu lalu. Namun produk kedua masih dirahasiakan. Meski begitu, banyak beredar kabar bahwa mobil baru Hyundai di GIIAS adalah Santa Fe SUV terbaru yang baru meluncur di Geneva Motor Show Maret lalu.

Honda

Penerus Honda Brio 2018 Small RS Concept

Kembali ke merek mobil asal Jepang, Honda dikabarkan akan hadir dengan produk baru di GIIAS 2018. Mobil baru Honda itu dikabarkan merupakan versi produksi konsep yang sebelumnya hadir di IIMS 2018 Maret lalu. Mobil konsep itu diperkirakan sebagai cikal bakal Honda Brio RS baru.

Selain city car berukuran kecil, Honda juga dikabarkan akan membawa versi facelift kompak SUV, HR-V untuk menggantikan model lawas yang sudah 3 tahun hadir di Indonesia. Versi baru Honda HR-V itu sebelumnya sudah meluncur di Jepang awal tahun lalu dan menyusul kawasan Asia Tenggara seperti Malaysia dan Thailand.

BMW

Pabrikan mobil mewah asal Jerman, BMW tidak mau kalah dengan menghadirkan produk baru di GIIAS 2018. Dua mobil yang baru diperkenalkan beberapa hari yang lalu, BMW 6 Series GT dan 5 Series Touring dikatakan akan ditampilkan untuk pertama kalinya di depan publik di GIIAS. Tidak hanya dua produk baru itu, BMW juga akan memperkenalkan versi atap terbuka i8 Roadster pada ajang tahunan tersebut.

Audi

Selain BMW, pabrikan mobil asal Jerman lainnya, Audi juga berencana untuk memperkenalkan produk terbarunya di GIIAS 2018. Audi akan memboyong generasi terbaru A8, sedan 4 pintu yang akan bersaing langsung melawan BMW 7 Series dan Mercedes-Benz S-Class.

Booth Audi juga akan diramaikan oleh RS5 terbaru yang debut pada ajang Geneva Motor Show 2017. Audi RS5 itu akan bersaing melawan BMW M4 daan Mercedes-AMG C63.

Lexus

Merek mobil mewah lain, Lexus tidak mau kalah pada ajang GIIAS 2018. Divisi brand mewah Toyota itu rencananya akan menghadirkan dua produk baru di GIIAS, namun belum diketahui model apa yang akan hadir. Lexus memiliki banyak produk baru yang belum hadir di pasar otomotif Indonesia, jadi pilihan yang tersedia cukup banyak, seperti versi baru Lexus ES, Lexus RX versi wheelbase panjang, Lexus UX, Lexus LS 500 atau Lexus NX terbaru.

Wuling

Pabrikan mobil asal China, Wuling juga dikabarkan akan membawa produk baru di ajang GIIAS 2018. Setelah menghadirkan dua mobil MPV di Indonesia, Confero dan Cortez, Wuling rencananya akan memperkenalkan mobil SUV yang dinegara asalanya China hadir dengan nama Baojun 530.

Di China, mobil SUV Baojun 530 hadir dengan kapasitas 5 penumpang dengan pilihan mesin 1.8L dan 1.5L turbo yang dikawinkan dengan transmisi manual 6 percepatan atau DCT enam percepatan. Mobil ditawarkan dengan harga 78,800 yuan (Rp171 jutaan) hingga 119,800 yuan (Rp260 jutaan).

Untuk pasar otomotif Nasional, Baojun 530 ini bisa menjadi penantang Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Honda CR-V 1.5T, dan Nissan X-Trail bahkan Mitsubishi Xpander.

Hino

Di segmen kendaraan komersial, Hino akan menghadirkan bus listrik Poncho EV. Bus itu sebelumnya sudah diperkenalkan pada pameran Tokyo Motor Show Oktober 2017 lalu. Bus listrik Poncho EV ini hadir dengan dimensi panjang 6,990 mm, lebar 2,080, dan tinggi 3,100 dengan kapasitas 36 penumpang, 11 tempat duduk, 24 berdiri dan 1 kru. Motor listrik berkekuatan 200 kW pada bus Poncho EV ini ditopang dengan baterai Lithium ion 30 kWh dengan pengisian daya hanya membutuhkan waktu 30 menit.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here