Harga Mobil LCGC Tidak Lagi Murah

harga mobil murah daihatsu sigra

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Harga mobil yang masuk dalam kategori mobil murah atau Low Cost Green Car (LCGC) sebenarnya sudah diatur dalam peraturan pemerintah lewat Permenperin No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi dan Harga Terjangkau. Harga mobil LCGC sebelum pajak, bea balik nama (BBN) dan pajak kendaraan bermotor (PKB) paling tinggi Rp 95 juta.

Namun dalam peraturan Permenperin No. 33/M-IND/PER/7/2013 tersebut tercantum pula bahwa produsen mobil LCGC diperbolehkan untuk menaikkan harga jual setiap tahun. Dalam penyesuaian harga itu, ada beberapa acuan yang dibutuhkan, diantaranya adalah indikator ekonomi yang dicerminkan dengan besaran inflasi, nilai tukar rupiah dan/atau harga bahan baku.

Pada peraturan tersebut, tercantum pula bahwa harga mobil LCGC dengan transmisi otomatis dan fitur-fitur pengaman penumpang juga boleh disesuaikan. Produk LCGC dengan transmisi otomatis diperbolehkan memiliki harga lebih mahal 15 persen dan untuk produk dengan teknologi pengaman penumpang boleh lebih mahal maksimal 10 persen.

Adanya peraturan pendukung tersebut membuat mobil yang masuk dalam segmen LCGC saat ini memiliki banderol harga yang sudah cukup tinggi, Ada beberapa produk yang bahkan menyentuh angka Rp 150 juta, hampir menyamai mobil MPV yang berada di luar program LCGC.

Toyota Calya misalnya, versi termurah ditawarkan dengan harga Rp 135,4 juta sedangkan varian tertingginya Rp 152,95 juta. Harga itu sudah lebih mahal dibandingkan dengan produk MPV dari merek China, Wuling Confero S. Wuling menawarkan Confero S dengan harga mulai Rp 134,8 juta.

Selain Calya, produk lain seperti Toyota Agya juga ditawarkan dengan banderol harga yang cukup tinggi, mulai Rp 133,4 juta hingga termahalnya Rp 153,8 juta. Jauh mengalami peningkatan dibandingkan pada waktu peluncuran tahun 2013 dengan harga versi tertinggi Rp 120,75 juta.

Sedangkan produk dari merek lain, Honda dengan Brio Satya juga mengalami peningkatan harga yang cukup tinggi. Ketika pertama kali hadir pada 2013 mobil ditawarkan dengan harga mulai Rp 106 juta, dan sekarang paling murah dijual dengan harga Rp 132,5 juta. Sedangkan Datsun juga sudah menawarkan produknya di atas Rp 100 juta. Datsun Go kini ditawarkan dengan harga Rp 102,99 juta. Sedangkan versi 7 penumpang MPV nya kini dijual dengan harga Rp 112,38 juta.

Untuk Suzuki Karimun Wagon R kini ditawarkan dengan banderol harga mulai Rp 107,5 juta.

Dengan kenaikan sejumlah produk LCGC tahun 2018 ini, hanya tersisa satu model yang dijual dengan harga di bawah Rp 100 juta, yaitu Daihatsu Ayla. Varian termurah Ayla ditawarkan dengan harga mulai Rp 94,05 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here