Home » News » Global » BMW Akan Produksi Mobil Listrik Mini di China
Global Business & Industry Hybrid & EV

BMW Akan Produksi Mobil Listrik Mini di China

Mini Mobil Listrik Konsep

Jakarta, IOTOMOTIF.com – BMW dan Great Wall baru saja menantangani perjanjian untuk memproduksi mobil listrik di China melalui joint venture baru.

Kerjasama keduanya akan mendapat jumlah saham yang sama pada perusahaan baru, dengan nama ‘Spotlight Automotive’, yang mana akan mengembangkan dan memproduksi mobil listrik penuh di pabrik di propinsi Jiangsu. Spotlight Automotive akan memproduksi mobil listrik Mini, juga kendaraan listrik untuk Great Wall.

Mini Mobil Listrik Spy

“Penandatanganan hari ini mempresentasikan level baru kerjasama antara China dan Jerman,” kata Harald Kruger, Chairman BMW. “Strategi kerjasama ini jelas sama-sama untung bagi BMW Group dan Great Wall Motor, membuat kami dapat berkontribusi pada ambisi China untuk menghadirkan kendaraan energi baru dan mengurangi emisi.”

“Great Wall Motor dan BMW Group memiliki komitmen yang sama untuk mempromosikan kendaraan dengan energi baru,” kata Wei Jianjun, Chairman Great Wall Motor. “Dengan menggabungkan kekuatan dari kedua belah pihak, join venture kami akan mempercepat kehadiran mobil listrik.”

Mini Mobil Listrik Spy interior

Di sisi lain, BMW juga akan memperluas jumlah produksi pada joint venture yang berbeda dengan Brilliance dalam rangka mengurangi tingginya biaya impor pada model yang dibuat di Amerika. Pada 2017, BMW berhasil menjual 560.000 unit mobil di China, dimana lebih tinggi dari dua pasar besar digabungkan, Amerika Serikat dan Jerman.

China juga merupakan pasar terbesar ke empat Mini, dimana merek tersebut mengirimkan unit sebanyak 35.000 unit tahun lalu. Joint Venture baru diharapkan mampu meningkatkan brand awareness Mini di pasar global.