Home » News » Global » Mobil Listrik BMW iX3 SUV Akan Diproduksi di China
Global Business & Industry Hybrid & EV

Mobil Listrik BMW iX3 SUV Akan Diproduksi di China

Mobil Listrik BMW iX3 SUV Akan Diproduksi di China

IOTOMOTIF.com – Pabrikan mobil premium asal Jerman, BMW telah mengkonfirmasi bahwa mobil listrikya, iX3 akan diproduksi di China mulai 2020 dan diekspor ke seluruh dunia.

Produksi lokal mobil listrik BMW iX3 merupakan bagian dari perjanjian jangka panjang antara BMW dan rekanan asal China, Brilliance Automotive Group Holdings melalui perusahaan patungan BMW Brilliance Automotive (BBA).

Dalam pernyataan, BBA mengatakan akan meningkatkan kapasitas dari dua pabrik di Tiexi dan Dadong untuk memproduksi 520.000 unit kendaraan tahun 2019. Tahun lalu, dua pertiga dari 560.000 unit kendaraan BMW dikirim ke pelanggan merupakan produksi lokal.

iX3 akan diproduksi di pabrik mesin BBA dan pabrik baterai di Shenyang mulai 2020. Tidak lama setelah mobil konsep itu diperlihatkan di Beijing Auto Show awal tahun ini, terdengar kabar bahwa mobil akan diproduksi di China. Namun masih belum ada konfirmasi dari pihak BMW sendiri.

Mobil konsep BMW iX3 listrik berasal dari motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 270 hp yang disokong oleh bateri 70 kWh. Kombinasi mesin dan baterai itu membuat SUV itu mampu berjalan hingga 400 km dalam sekali pengisian di bawah uji coba Worldwide Harmonized Light-Vehicle Test Procedure (WLTP). Untuk pengisian daya sendiri, dengan menggunakan 150 kW quick charge, baterai iX3 dapat terisi penuh hanya dalam 30 menit.

Menariknya, motor listrik, transmisi, dan kontrol module pada iX3 semuanya tergabung dalam satu komponen, membuat makin mudah untuk menggunakan sumber tenaga itu pada sejumlah mobil di masa depan. BMW juga mengatakan mengembangkan mesin iX3 tanpa menggunakan metal langka.

Mengenai harga sendiri masih belum diumumkan, namun hampir dipastikan bahwa lebih mahal dibandingkan dengan X3 dengan ICE.