Owner's Guide

Cara Merawat Filter Dryer AC Mobil

Cara Merawat Filter Dryer AC Mobil

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Komponen mobil ini sebenarnya memiliki nama receiver dryer namun lebih akrab disebut dengan dryer atau filter yang berfungsi untuk menyaring kotoran serta air yang ikut terbawa saat terjadi proses sirkulasi bersama dengan refrigerant. Di dalam sebuah receiver dryer terdapat dua komponen penting yakni dryer atau pengering dan juga filter.

Untuk AC mobil yang memiliki receiver dryer terpisah dari kondensor dilengkapi dengan sight glass serta pressure switch. Receiver dryer tersebut berguna untuk menyaring kotoran sehingga tidak masuk ke dalam katup ekspansi. Dengan begitu telah jelas bahwa receiver dryer merupakan salah satu komponen penting selain kompresor serta evaporator pada sistem pendingin atau AC mobil anda.

Pada pemeriksaan receiver dryer kebanyakan bertipe T atau tipe L. Anda harus memeriksa mengenai kemungkinan adanya bekas oli AC yang tertinggal di sekitar sambungan in-out. Pemeriksaan tersebut sangat berguna karena pada bagian ini sangat sering terjadi kebocoran freon atupun oli yang diakibatkan oleh sil yang mengeras maupun sambungan pipa AC yang terhubung tidak pas.

Selain itu, kita juga harus memastikan kondisi freon melalui sight glass yang berada pada bagian atas receiver dryer tersebut, apakah sight glass terlihat bersih atau menghitam karena kotor. Jika pada bagian tersebut terlihat menghitam, berarti receiver dryer anda kotor dan anda dapat mempertimbangkan penggantian receiver dryer dan segeralah lakukan pemeriksaan AC mobil anda pada Bengkel AC mobil kepercayaan Anda.

Hal terakhir yang perlu Anda pastikan dalam membersihkan serta merawat receiver dryer AC mobil adalah memeriksa kondisi soket serta kabel yang terhubung pada kabel pressure switch dalam kondisi yang terhubung dengan baik atau tidak. Hal tersebut juga sangat berpengaruh pada kinerja receiver dryer dan dapat menggangu kinerja AC jika sambungannya tidak pas.

Cara Mencegah Bodi Mobil Baret saat Mencuci

Previous article

Michelin Luncurkan Ban Khusus untuk Kendaraan Komersial Ringan

Next article

You may also like