Home » News » Technology » Stadion ini Ditenagai 148 Baterai Nissan Leaf
Business & Industry Technology

Stadion ini Ditenagai 148 Baterai Nissan Leaf

Johan Cruijff Arena Stadion Ditenagai 148 Baterai Nissan Leaf

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Salah satu pertanyaan terbesar untuk kendaraan listrik adalah apa yang akan terjadi bila baterai kendaraan tersebut sudah tidak lagi cocok untuk digunakan di jalan. Dan kali ini kita sudah mendapatkan satu jawaban, sumber tenaga stadion sepak bola.

Nissan dan rekanannya baru saja memasang 148 baterai Nissan Leaf di staion Johan Cruijff Arena di Amsterdam yang juga menjadi markas dari klub sepak bola Ajax. Instalasi ini dapat menghasilkan tenaga 3 megawat yang tersimpan pada baterai yang tidak hanya memberikan tenaga ke arena, namun juga ribuan rumah di sekeliling jika terjadi pemadaman listrik.

Johan Cruijff Arena Amsterdam Bertenaga Baterai Nissan Leaf

“Dengan instalasi sistem penyimpanan energi ini, stadion dapat menggunakan energi dengan lebih baik,” kata Henk Van Raan, direktor inovasi Johan Cruijff Arena. “ArenA ini dipastikan memiliki cukup simpanan tenaga, bahkan ketika terjadi pemadaman. Dengan ini, stadion juga dapat berkontribusi pada kestabilan energi di Belanda.”

Stadion Ajax Amsterdam Bertenaga Baterai Nissan Leaf

Stadion ini juga menjadi rumah dari klub nasional Belanda dan juga tim sepak bola lokal, AFC Ajax, serta konser, business conventions, dan berbagai even lainnya. Dikatakan bahwa ada lebih dari 2 juga pengunjung tiap tahun ke stadion.