Toyota Vios Sedan Medium Terlaris

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Mobil sedan merupakan salah satu model terlaris di dunia. Namun hal tersebut berbeda dengan di Indonesia dengan model MPV sebagai produk terlaris.

Selain dikarenakan masyarakat Indonesia yang suka kendaraan berpenumpang banyak, pajak barang mewah yang cukup tinggi dibebankan pada mobil sedan membuatnya tidak begitu diminati di Indonesia. Bahkan berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan pabrik ke dealer sedan hanya berkontribusi kurang dari 1 persen dari total penjualan nasional sepanjang 2017.

Berkaitan dengan mobil sedan sendiri, beberapa tahun yang lalu memang memiliki penjualan yang cukup baik. Mulai dari kelas premium hingga kelas menengah. Pada kesempatan kali ini kami berikan lima mobil sedan kelas menengah yang cukup laris dan populer di Indonesia.

Contents

Toyota Vios

Sedan dari Toyota ini sudah masuk pada generasi ketiga. Pada generasi pertama, mobil dipasarkan mulai tahun 2003 -2007. Di pasar Asia Tenggara, Toyota Vios ditawarkan dalam pilihan varian, J, E, S, dan G. Untuk pasar Indonesia sendiri, Vios sedan ditawarkan hanya dua pilihan varian, E dan G.

Toyota Vios Sedan Medium Terlaris

Generasi baru Toyota Vios diperkenalkan pada ajang Bangkok International Motor Show di Thailand. Mobil ini dirakit secara lokal di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat sejak 2013 lalu.

Mengenai dapur pacu, generasi ketiga Vios hadir dengan mesin berkapasitas 1.5 liter 2NR-FE dengan Dual VVT-i. Mesin itu juga digunakan pada produk Toyota lainnya, seperti Toyota Avanza dan Toyota Sienta.

Toyota Corolla

Toyota Corolla sedan sebenarnya kurang cocok untuk masuk pada segmen sedan menengah. Namun melihat daftar sedan terlaris, Corolla sendiri pantas untuk menjadi salah satu kandidat utama.

Baca  Innova Akan Hadir dengan Desain Lebih Segar di IIMS?

Mobil ini pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1971. Toyota menyematkan mesin berkapasitas 1.2 liter yang dipadukan dengan transmisi manual empat percepatan.

Toyota Corolla Sedan Menengah Terlaris

Saat ini Toyota Corolla sudah memiliki sembilan generasi, mulai dari dari Corolla Twin Cam, Great Corolla hingga Corolla DX. Generasi paling baru dari Corolla adalah New Corolla Altis.

Honda City

Sedan kelas menengah Honda yang diperkenalkan di Jepang pada tahun 1981. Model yang dipasarkan saat ini sudah memasuki generasi keenam. Untuk pasar Indonesia, mobil pertama kali hadir pada tahun 1996. Pada awal kehadirannya, Honda menyiapkan mobil dengan spesifikasi khusus untuk pasar Asia Tenggara.

Honda City Sedan Menengah Terlaris

Generasi terbaru Honda City hadir sejak tahun 2014. Honda menyematkan mobil dengan mesin berkapasitas 1.5 liter SOHC i-VTEC yang mampu menyemburkan tenaga hingga 86 PS pada putaran mesin 6.500 rpm dan torsi puncak 145 Nm pada 4.600 rpm.

Suzuki Baleno

Sedan dari Suzuki ini sudah hadir di Indonesia sejak tahun 1996. Generasi pertama Suzuki Baleno hadir dengan mesin berkapasitas 1.600 cc full injeksi yang dikombinasikan dengan transmisi manual lima percepatan.

Suzuki Baleno Versi Baru Kini Jadi Hatchback

Pada tahun 2000, versi facelift Suzuki Baleno meluncur dengan sejumlah fitur tambahan yang membuatnya makin menarik, seperti central lock dan power steering. Setelah itu, Baleno meluncurkan Baleno Next G, tepatnya di tahun 2003. Baleno Next G juga sempat mengalami facelift di tahun 2005.

Menariknya, Suzuki merubah Baleno dari sedan menjadi hatchback yang diperlihatkan pertama kali ke depan masyarakat Indonesia pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Mitsubishi Lancer

Mitsubishi Lancer pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1981. Saat itu, pabrikan berlogo tiga berlian itu menargetkan anak muda sebagai konsumen mereka. Lancer yang pertama hadir di Indonesia ditawarkan dengan kapasitas mesin 1.400 cc yang dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan.

Baca  Preview All-New Suzuki Swift 2013
Mitsubishi Lancer Sedan Menengah Terlaris di Indonesia

Namun dengan terus meningkatkan standar emisi mobil di dunia dan terus menurunnya angka penjualan, Mitsubishi akhirnya menghentikan produksi sedan Mitsubishi Lancer tahun 2009. Tidak hanya versi standar, Mitsubishi juga menawarkan Lancer dengan performa tinggi, yakni Mitsubishi Lancer Evolution yang juga cukup digemari para penggemar kecepatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here