Penerus Volkswagen Beetle

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Ada sejumlah laporan kontradiktif mengenai penerus Volkswagen Beetle saat ini, dan sekarang, rumor terbaru mengatakan bahwa VW tidak sepenuhnya menghentikan mobil.

Namun mereka bisa jadi beralih ke sasis MEB, dimana merupakan pondasi dari model listrik pabrikan mobil asal Jerman tersebut. Tidak hanya itu, selain mengadopsi mesin nol emisi, versi baru Volkswagen Beetle juga bisa menggunakan sistem gerak roda belakang, seperti model orisinal.

Selain motor listrik, model ikonik VW itu bisa jadi tidak lagi menggunakan body style dua pintu, namun menjadi empat pintu. Langkah tersebut bisa tercapai dengan wheelbase yang lebih panjang, yang mana juga akan menawarkan ruang kaki lebih besar bagi penumpang belakang. Untuk bentuk retro dari mobil, VW pastinya akan tetap mempertahankannya.

“Beetle saat ini merupakan coupe dua pintu atau convertible yang sangat menarik, namun terbatas dalam jumlah penjualan, karena merupakan produk niche,” terang kepala desain VW, Klaus Bischoff. “Jika melihat MEB, wheelbase terpendek adalah ID. Jika mengambilnya dan menggunakannya pada Beetle, akan memiliki banyak ruang, jadi tidak ada lagi masalah mengenai fungsional lagi. Jadi akan menjadi mobil yang menarik.”

Bischoff juga mengakui bahwa dua atau tiga tahun berjalan sebelum Volkswagen secara resmi memutuskan Beetle seperti itu untuk diproduksi. Dan sementara itu, dia telah menggambar sketsanya, dengan empat pintu dan sasis MEB.

Seperti yang Volkswagen sebelumnya katakan, mereka tidak lagi akan tanpa model ‘bersejarah’ pada line up model di masa depan, bahkan jika Beetle tidak lagi diteruskan ke generasi selanjutnya. Karena itu, ID Buzz akan menjadi bagian dari DNA pabrikan mobil itu, dengan gaya retro yang terinspirasi dari model original.

Baca  Suzuki Authentics Concept, Siap Debut di Shanghai 2013