in

Tim Mahasiswa UGM Berhasil Juara Kompetisi Dunia Shell Idea360

Tim Indonesia UGM Shell Idea360

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Tim tiga mahasiswa Indonesia dari Universitas Gadjah Mada (UGM) berhasil mengharumkan nama bangsa dengan menjadi juara kompetisi Shell Idea360 2017/2018 di festival tahunan Shell Make the Future Live.

Tiga mahasiswa UGM itu, Herman Amrullah, Sholahuddin Alayyubi, dan Thya Laurencia Benedita Araujo mengusung gagasan di sektor energi dengan judul “Smart Car Microalgae Cultivation Support (MCS)”. Ide dari tim asal Indonesia ini berguna untuk mengolah limbah plastik menjadi sumber energi alternatif dengan menggunakan mobil. Proses pengolahan sampah plastik ini berlangsung dengan menggunakan panas suhu tinggi dari gas buang knalpot mobil.

Tim Smart Car MCS dari UGM berhasil mengalahkan 4 tim finalis lainnya yang berasal dari 4 negara berbeda yaitu tim mahasiswa dari American University of Sharjah (Uni Emirat Arab), University of Texas (Amerika Serikat), University of Bordeaux (Perancis) dan University of Melbourne (Australia).

“Kami sangat senang dapat mengambil bagian dalam ajang ini dan menjadi juara di kompetisi adu gagasan inovasi bergengsi dunia Shell Ideas360,” kata Herman, tim manajer Smart Car MCS. Ia dan anggota timnya sangat bersyukur atas pencapaian yang luar biasa atas gagasan Smart Car Microalgae Cultivation Support. “Keberhasilan kami ini tentunya tak lepas dari dukungan serta do’a dari banyak pihak termasuk teman-teman, orang tua, dosen pembimbing kami yaitu bapak Yano Surya Pradana, S.T., M.Eng dan Hanifrahmawan Sudibyo,S.T.,M.Eng, Universitas Gadjah Mada dan masyarakat Indonesia. Kami juga sangat berterimakasih kepada Shell yang telah memberikan kesempatan kepada kami para generasi muda dengan memberikan wadah berupa kompetisi untuk mengeksplorasi gagasan-gagasan inovatif khususnya dalam menghadapi tantangan global,” tambah Herman.

“Selamat kepada tim mahasiswa Smart Car MCS atas keberhasilan yang luar biasa menjadi juara kompetisi Shell Ideas360. Pencapaian tingkat dunia yang diraih Tim Smart Car MCS ini merupakan hal yang sangat membanggakan, tidak hanya untuk tim dan almamaternya tetapi juga untuk bangsa Indonesia. Kami memberikan apresiasi tinggi atas kreativitas dan kerja keras tim dalam menemukan gagasan revolusioner yang bermanfaat untuk masyarakat dunia di masa depan,” Darwin Silalahi, President Director & Country Chairman PT Shell Indonesia

Shell Idea360 sendiri adalah kompetisi yang menantang mahasiswa untuk mengembangkan beragam ide dan gagasan untuk menghadapi tantangan global dalam sektor energi, pangan dan air. Kompetisi ini dimulai sejak tahun 2013 dan menjadi bagian dari festival inovasi Shell Make the Future.

Written by Rahmanto Elfian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Piaggio Indonesia Luncurkan Vespa Sprint Carbon

Penerus Volkswagen Beetle Bisa Jadi Mobil Listrik