Home » News » Global » Bus Listrik Autonomous Volvo Mulai Diuji
Global Technology

Bus Listrik Autonomous Volvo Mulai Diuji

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Merek mobil asal Swedia, Volvo yang juga memproduksi truk dan bus akan mengoperasikan bus listrik autonomous terbarunya di ajang Volvo Ocean Race – balap yatch yang disponsori perusahaan – di Gothenburg, Swedia.

Bus listrik autonomous ini dibuat dengan basis Volvo 7900 Electric city bus yang mendapat sejumlah perubahan sebagai model autonomous.

“Dengan suara yang rendah dan tanpa emisi, sistem bus elektrik ini memberikan alternatif yang menarik bagi transportasi publik,” kata Hakan Agnevall, presiden Volvo Bus.

“Dengan sejumlah fitur yang tersedia pada autonomous, kami dapat terus berkembang terkait keamanan, kenyamanan dan efisiensi.”

Bus dengan panjang 12 meter itu dikatakan memiliki akselerasi dan pengereman yang halus saat memulai perjalanan maupun ketika berhenti. Pada setiap pemberhentian bus, kendaraan akan berhenti di posisi yang sama dan memberikan jarak yang sama antara bus dan platform untuk memudahkan penumpang untuk naik dan turun.

Untuk pengisian daya sendiri, menggunakan teknologi dari ABB OP-charging yang melakukan pengisian dari atap bus yang dilakukan pada pemberhentian yang ditetapkan.

Selain itu, bus juga dilengkapi dengan LIDAR, RADAR, dan sensor kamera digunakan untuk navigasi kendaraan, dan untuk mencegah terjadinya kecelakaan dengan mengindentifikasi objek yang mendekati bus, dengan menyesuaikan kecepatan atau berhenti total.