Home » News » Concept » Mobil Terbang Audi Segera Diuji
Technology Concept

Mobil Terbang Audi Segera Diuji

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Sejumlah pabrikan mobil terus melakukan inovasi, salah satunya adalah Audi. Dan belum lama ini pemerintah Jerman telah memberi ijin Audi dan Airbus untuk melakukan uji coba prototype taksi terbang di Ingolstadt. Dua perusahaan itu sebelumnya memang telah menampilkan konsep mobil terbang dua kursi dengan sistem layaknya drone.

Pemerintah Jerman sendiri mengatakan jika uji coba sukses, bisa jadi hari dimana jalanan Jerman dipenuhi oleh lalu lintas mobil akan berakhir. Taksi terbang ini juga bisa membuka potensial pertumbuhan baru industri teknologi tinggi di Jerman.

Mobil Terbang Audi Siap Diuji

“Taksi terbang tidak lagi sekedar impian saja, mereka sudah dapat membawa kita ke tingkatan lain dari mobilitas,” terang Menteri Perhubungan Jerman, Andreas Scheuer. “Ini merupakan peluang besar bagi perusahaan dan startup muda yang telah mengembangkan teknologi ini.”

Konsep yang sebelumnya diperlihatkan Audi dan Airbus bernama Pop.Up Next. Sistem geraknya seperti milik drone, dengan empat lubang udara, yang mana setiap lubang itu memiliki delapan baling-baling. Setiap baling-baling ditenagai oleh motor listrik bertenaga 26 hp dengan tenaga dari baterai 70 kWh.

Mobil Terbang Audi Pop Up Next

Membuat mobil terbang ini memiliki tenaga terbang hingga 214 hp dan mampu berjalan dengan kecepatan tertinggi 120 km per jam. Jarak tempuh juga cukup jauh, 50 km, setelahnya butuh untuk mendarat dan melakukan pengisian daya selama 15 menit.

Tentu saja Audi bukan satu-satunya pabrikan mobil yang melakukan investasi pada teknologi seperti ini. Daimler bersama dengan Intel Copr dalam menopang Volocopter, startup yang membangun helikopter eletrik yang mirip drone. Sedangkan pada November lalu, induk Volvo, Geely mengakuisisi Terrafugia, pengembang mobil terbang asal Amerika Serikat.