Home » News » Global » DHL Segera Operasikan Truk dengan Panel Surya
Global Technology

DHL Segera Operasikan Truk dengan Panel Surya

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Perusahaan logistik tingkat dunia, DHL terus melakukan invoasi dengan armada yang dioperasikannya. Mulai dari mobil listrik hingga teknologi pengiriman canggih. Dan baru-baru ini, DHL mengumumkan akan menggunakan truk semi trailer yang dilengkapi dengan panel surya.

Truk yang disebut dengan nama, TRAiLAR itu dikembangkan DHL bersama dengan Don-Bur, pabrikan truk berbasis di Staffordshire, Inggris. Truk ini dikatakan sebagai bagian dari program DHL untuk beroperasi dengan kendaraan no emisi pada tahun 2050 dengan tahap awal truk mulai beroperasi pada 2019.

Panel Surya yang ada pada truk ini digunakan untuk mengoperasikan sejumlah peralatan elektronik pada truk, seperti pada lampu, tail lift untuk menaik turunkan barang dari truk dan moving floor.

Pada pengujian yang sudah berlangsung di Milbrook Proving ground, Bedfordshire, diklaim truk mampu menghemat tenaga hingga 5,2 persen dibandingkan truk biasa.

“Pada akhirnya, kita membutuhkan kendaraan yang lebih bersih dan tenang di jalan,” kata Phil Roe, Managing Director Network Logistics and Transport, DHL Supply Chain Inggris dan Irlandia. “Hal ini dapat tercapai bersamaan dengan membantu pelanggan mengurangi biaya transportasi. Karena itu, kami mengembangkan solusi kendaraan baru yang dapat menjalankan operasi pengiriman logistik yang juga memberi keuntungan pada lingkungan, masyarakat umum dan pelanggan kami.”