Home » News » Global » Land Rover Discovery Tidak Lagi Diproduksi di Inggris
Global Business & Industry

Land Rover Discovery Tidak Lagi Diproduksi di Inggris

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Merek mobil asal Inggris, Land Rover tampaknya tidak lagi memproduksi SUV andalanya, Discovery di Inggris. Dilansir dari Bloomberg, Jaguar Land Rover (JLR) memindahkan perakitan Discovery ke pabrik baru di Slovakia, dan mengakhiri produksi inti di negara asalnya.

Keputusan ini merupakan imbas dari Brexit (British Exit) – keputusan Inggris keluar dari Uni Eropa, karena berpotensi merusak industri lokal. Dan ini akan merubah layout, namun hanya dalam jarak dekat, karena Jaguar Land Rover masih tetap berkomitmen untuk melakukan produksi di Inggris.

Pemindahan produksi dari Land Rover Discovery ini dilakukan agar pabrikan lebih memfokuskan pabrik Solihull untuk memproduksi kendaraan listrik. Range Rover dan Range Rover Sport akan tetap diproduksi di Solihull, sedangkan Discovery Sport dan generasi baru Evoque akan diproduksi di pabrik lain di Halewood.

Setelah pemasangan pondasi dilakukan – sebagai bagian dari investasi dari ratusan juta poundsterling – pabrikan bisa memindahkan produksi Jaguar I-Pace ke Solihull,  dan keluar dari kontrak pabrik Magna Steyr di Austria.

Meski juga memproduksi di China dan Brasil, dan bekerja di pabrik baru di Slovakia, Jaguar Land Rover tetap menjadi pabrikan kendaraan bermotor dan mesin terbesar di Inggris. Pada tahun 2017 lalu, perusahaan memproduksi separuh kendaraan di Inggris.

“Kami bangga untuk memperkuat posisi kami sebagai pabrikan mobil nomor satu di Inggris,” kata JLR CEO, Ralf Speth. “Namun, industri mobil saat ini menghadapi berbagai tantangan yang tidak diragukan untuk berdampak langsung pada kepercayaan konsumen, khususnya di Inggris. Jaguar Land Rover harus terus bergerak dan berinvestasi pada kendaraan autonomous, mobilitas dan listrik di masa depan.”