Generasi Baru Honda Jazz Hybrid Gunakan Mesin i-MMD

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Seperti dua generasi sebelumnya, generasi baru Honda Jazz juga akan ditawarkan dalam varian hybrid. Kabar terbaru dari Nikkei mengatakan bahwa generasi baru Honda Jazz akan menggunakan mesin i-MMD.

Sepsifikasi Honda Jazz Hybrid pertama menggunakan kombinasi mesin 1.3 liter i-VTEC yang dipadukan dengan motor listrik IMA (Integrated Motor Assist). Sedangkan Honda Jazz yang dijual saat ini menggunakan sumber tenaga Intelligent Dual Clutch Drive (i-DCD) yang mana juga sistem hybrid dengan satu motor. Namun untuk generasi baru Honda Jazz Hybrid akan menggunakan sistem hybrid dengan dua motor.

i-MMD pada dasarnya terlalu mahal untuk Honda Jazz Hybrid. Sistem ini mengkombinasikan mesin 2.0 liter i-VTEC dengan dua motor listrik. Namun Honda melakukan penurunan untuk mengurangi biaya dan menyematkan teknologi sistem hybrid terbaru yang ada pada model lebih kecil. Pada ajang New York Auto Show 2018 di bulan Maret yang lalu, all new Honda Insight debut dengan menggunakan mesin i-MMD yang mengkombinasikan mesin 1.5 liter i-VTEC dengan dua motor listrik.

Kabar dari Jepang sendiri mengatakan bahwa i-MMD pada generasi baru Honda Jazz Hybrid juga akan menggunakan mesin 1.5 liter i-VTEC dan dua motor listrik. Generasi baru Honda City Hybrid kemungkinan akan menggunakan sistem yang seupa.

Generasi keempat Honda Jazz rencananya juga akan hadir dalam varian listrik penuh. Sebelumnya Honda juga pernah menawarkannya pada generasi kedua. Versi baru all new Honda Jazz EV diklaim akan memiliki jarak tempuh hingga 300 km dalam sekali pengisian daya. Versi listrik Jazz ini merupakan salah satu strategi Honda dalam mencapai target penjualan mobil nol emisi 100.000 unit per tahunnya.

Honda Jazz generasi baru dan versi hybrid akan debut pada 2019. Sedangkan varian listrik penuh direncanakan pada tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here