Nasional

Video Sepeda Motor Masuk Tol Jagorawi

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Pemandangan yang aneh dan tidak biasa pagi ini terlihat di jalan Tol Jagorawi, Sabtu (09/06/2018). Seorang pesepeda motor melintas di jalan tol tersebut.

Hal ini terungkap dalam video yang digunggah dalam Instagram akun @aliiif. Dari video tersebut, terlihat premotor melintas sendiri dan membawa tas di belakang. Tidak hanya sekedar melintas di pinggir, premotor tersebut melintas di tengah jalan tol bahkan menyalip mobil.

Dalam peraturan pemerintah, sebenarnya sepeda motor sudah jelas tidak diperbolehkan masuk dan menggunakan jalan tol kecuali pada keadaan dan syarat tertentu. Seperti jalan tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang memiliki jalur terpisah.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44/2009 yang sebelumnya merevisi pasal 38 pada PP Nomor 15/2005 Tentang Jalan Tol.

Dalam pasal 1 PP Nomor 44/2009 menyebutkan jalan tol diperuntukkan bagi pengguna yang menggunakan kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Pasal 1a disebutkan pada jalan tol dapat dilengkapi dengan jalur jalan tol khusus bagi kendaraan bermotor roda dua yang secara fisik terpisah dari jalur jalan tol yang diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih.

Pasal 2 disebutkan kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikelompokkan berdasarkan jenis angkutan.

Ketentuan lebih lanjut mengenai kendaraan bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan ayat (1a) ditetapkan oleh Menteri.

MotogGP: Putus Suzuki, Andrea Iannone Pindah ke Aprilia

Previous article

Suzuki Akan Hadirkan Karimun Wagon R Versi Listrik 2020

Next article

You may also like

More in Nasional