Perbandingan Yamaha Aerox VS Honda Vario

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Persaingan skutik 150c di pasar otomotif Indonesia memang cukup ketat, terutama persaingan antara Honda All New Vario 150 dengan Yamaha Aerox. Tidak hanya soal desain, pertarungan kedua skutik di segmen 150cc ini juga pada fitur andalan dan performa mesin. Berikut ini akan dibahas perbandingan antara Honda Vario dan Yamaha Aerox.

Desain

Soal tampilan desain merupakan hal yang paling terlihat pertama kali pada kedua skutik andalan masing-masing pabrikan. Keduanya mengandalkan desain sporti dan dinamis. Walaupun sama-sama berdesain seporti, keduanya memiliki perbedaan desain yang cukup mendasar. Pada Yamaha Aerox 155 desain dibuat lebih besar, melebar dan gambot, sementara pada All New Vario, desain lebih tajam, melebar namun lebih kompak.

Fitur

All New vario maupun Yamaha Aerox sama-sama memiliki berbagai fiyur andalan, mulai dari panel meter full digital yang berisi informasi speedometer, fuel meter, konsumsi BBM, trip meter, voltase aki dan jam digital.

Namun pada vario memiliki fitur indikator baterai (aki) yang bisa dilihat di panel meter. Termasuk informasi penggantian oli dan smart key. Sementara Yamaha Aerox 155 menampilkan panel meter dengan LCD lebih besar (5,8 inci) sehingga mudah dibaca mata.

Dua skutik ini juga memiliki tempat penyimpanan barang di bawah setang. Hanya saja, Honda Vario 150 terbaru tidak ada penutup. Berbeda dari desain Aerox 155 yang sudah menggunakan penutup serta adanya terminal atau soket power untuk pengecasan ponsel pintar.

Honda Vario 150 terbaru punya tawaran lain lewat smart key system. Remote untuk mengaktifkannya juga terintegrasi ke sistem keamanan anti theft alarm dan answer back system.

Sementara pada Yamaha Aerox 155 menawarkan perangkat keyless hanya di varian tertinggi, sedangkan varian standar belum ada sehingga konsumen harus menambah kocek lagi.

Kapasitas bagasi, Vario 150 memang lebih kecil hanya 18-liter karena sesuai bodinya yang memang tidak gambot (Panjang 1919 mm, lebar 679 mm dan tinggi 1062 mm), berbeda dengan Aerox 155 berkapasitas 25 liter dengan dimensi bodi panjang 1990 mm, lebar 700 mm dan tinggi 1125 mm.

Mesin

Sektor mesin jelas keduanya dilengkapi dengan kapasitas mesin berbeda, walau jenisnya masih sama SOHC silinder tunggal. Honda Vario berkapasitas 150 cc dengan sejumlah improvement menghasilkan tenaga maksimal 13 hp pada 8500 rpm dan torsi 13,4 Nm pada 5000 rpm. Sementara Yamaha Aerox berkapasitas 155,1 cc dengan tenaga maksimal 15 hp dan torsi 13,8 Nm.

Harga

All New Honda Vario 150 dibanderol Rp 22,5 juta. Sementara Yamaha Aerox 155 untuk versi standar dipasarkan mulai Rp 23,1 juta dan Aerox 155 R-version Rp 24,6 juta dan varian tertingg Rp 27,450 juta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here