Home » News » Technology » Bus Autonomus untuk Umum Pertama di Dunia
Business & Industry Technology

Bus Autonomus untuk Umum Pertama di Dunia

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Dalam beberapa tahun terakhir ini sejumlah perusahaan mengembangkan teknologi bus autonomous atau tanpa pengemudi. Tidak hanya pada kendaraan pribadi, namun juga untuk kendaraan umum seperti bus dan truk. Dan Kolumbus, perusahaan transportasi di Norwegia melakukan langkah besar dengan menjadi perusahaan pertama yang mengoperasikan bus autonomous untuk umum secara resmi.

Sebelumnya memang telah ada sejumlah bus autonomous yang beroperasi di jalan umum, namun hanya sebatas uji coba.

Meski telah diizinkan untuk beroperasi di jalan umum, namun pemerintah Norwegia masih memberikan sejumlah batasan pada bus autonomous milik Kolumbus. Mulai dari penumpang yang hanya boleh diisi maksimal 6 orang, batas kecepatan maksimal 12 km per jam dan harus ada karyawan Kolumbus yang siap mengambil alih operasi bus dengan menekan rem bila terjadi situasi berbahaya.

Bus autonomous yang digunakan oleh Kolumbus adalah EasyMile EZ10 yang diproduksi di Perancis. Kendaraan tersebut sebenarnya mampu mengantarkan 15 penumpang dengan kecepatan maksimal 45 km per jam.

“Aku pikir sangat natural di masa depan untuk duduk di kendaraan yang tidak dikendarai sendiri,” kata Menteri Transportasi, Ketil Solvik-Olsen. Dia juga menghubungkan hal ini dengan pengalaman, “masuk ke elevator, menekan tombol dan dipastikan akan berhenti pada lantai yang dipilih.”









Get a weekly email with best free content
Subscribe