Home » News » Nasional » Komponen Transmisi Matik CVT New Datsun GO Didatangkan dari Thailand
Nasional

Komponen Transmisi Matik CVT New Datsun GO Didatangkan dari Thailand

New Datsun GO CVT 2018

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Datsun Indonesia belum lama ini meluncurkan versi baru New Datsun GO. Tidak seperti sebelumnya, mobil ini kini memiliki pilihan transmisi matik CVT (Continuously Variable Transmission). Tidak seperti versi transmisi manual, komponen transmisi CVT ternyata bukan produk lokal. Daripada menambah investasi untuk melakukan perakitan lokal, Nissan Motor Indonesia (NMI) mengimpor komponen CVT dari Thailand.

Masayuki Ohsugi, General Manager R&D NMI menerangkan bahwa untuk merakit CVT, perlu adanya fasilitas clean room yang anti debu. Fasilitas ruang anti debu itu diperlukan karena produksinya perlu dilakukan dengan teliti, memperhatikan gear dan oli dengan sangat detail.

Transmisi CVT New Datsun GO

“Kami sudah melokalisasi mesinnya, tetapi perakitan CVT sedikit berbeda dari mesin. Jadi itulah mengapa kami tidak melokalisasi unit CVT di pabrik Purwakarta,” jelas Ohsugi, di Jakarta, Senin (7/5/2018).

Versi baru New Datsun GO bertransmisi matik juga dikatakan memiliki mesin berbeda dibandingkan varian manual. Selain pada transmisi, perbedaan juga terletak pada seting perangkat lunak. Mesin 1.2L GO CVT mampu menghasilkan tenaga 78 PS sedangkan versi transmisi manual GO memiliki tenaga yang lebih rendah, 68 PS, namun torsi keduanya sama 104 Nm.

“Kami sudah melakukan banyak investasi pada mesin, machining, di Purwakarta. Jadi kami sudah banyak investasi untuk varian manual. Pada kasus CVT, bukan cuma transmisinya yang berbeda tetapi juga mesinnya, antara manual dan CVT. Beberapa komponen kami impor dari luar Indonesia, ada yang dari Thailand dan jepang,” ungkap Ohsugi.

Versi baru Datsun GO dengan transmisi manual dikatakan sudah sesuai dengan ketentuan Low Cost Green Car (LCGC), namun versi dengan transmisi CVT lebih rendah.

Ohsugi juga menjelaskan karena komponen CVT impor, maka GO CVT tidak masuk dalam salah satu syarat LCGC terkait lokalisasi. Karena itulah Datsun GO CVT tidak masuk produk LCGC.