Alasan Datsun Cross Gunakan Mesin Mobil Murah

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Datsun Indonesia menghadirkan mobil crossover, Datsun Cross. Mobil ini tidak lagi masuk pada segmen mobil murah seperti dua pendahulunya, Go dan GO+. Langkah ini dikatakan karena mereka ingin mengubah image merek yang tidak hanya memiliki produk mobil murah.

Namun Datsun masih menggunakan mesin kecil yang juga digunakan pada mobil murah. Tidak seperti yang dilakukan Datsun di Rusia, dengan menghadirkan mesin 1.5 liter dan 1.6 liter untuk model mi-DO.

Masato Nakamura, Head of Datsun Indonesia mengatakan, mereka memiliki beberapa pertimbangan sendiri terkait keputusan tersebut. Mereka menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi pasar saat ini, terutama di Indonesia.

“Kami harus melihat kebutuhan konsumen saat ini. Memang mesin yang lebih besar, punya tenaga besar dan akselerasi, tapi pada waktu yang sama, konsumen membutuhkan efisiensi bahan bakar,” ujar Masato, Kamis (3/5/2018).

Sejumlah pertimbangan dijelaskan Masato, seperti performa mesin, efisiensi bahan bakar, dan harga dalam pemilihan mesin itu pada Datsun Cross.

“Selain soal efisiensi BBM, pertimbangan lainnya adalah soal harga jualnya di Indonesia,” kata Masato.

“Jadi mempertimbangkan antara akselerasi dan power, hemat bahan bakar, juga harga, kemudian kami melakukan beberapa studi, akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan mesin yang ada, tapi dengan setelan yang berbeda,” ucap Masato.

“Kami berikan paket lengkap, tak hanya mesin saja, tapi seperti ada penambahan CVT (sama dengan Nissan March generasi baru). Soal CVT sendiri, Nissan merupakan salah satu pemimpin teknologi CVT, dan yang ada di Cross ini merupakan adalah teknologi terbaru,” ujar Masato

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here