Honda Siapkan SUV Baru Pesaing C-HR

Jakarta, IOTOMOTIF.com – Menghadapi pasar segmen Sport Utility Vehicle (SUV) yang terus naik, Honda menyiapkan dua produk baru. Sebelumnya Honda telah menghadirkan Honda WR-V crossover di sejumlah negara berkembang, dan kini mereka tengah menyiapkan produk kompak SUV dengan panjang kurang dari 4 meter sebagai penantang dari Toyota C-HR dan Hyundai Creta yang kemungkinan meluncur pada 2020.

Dari laporan yang ada, kedua SUV baru itu menggunakan platform yang sama dengan Honda Amaze terbaru. Sumber internal Honda mengatakan bahwa platform Amaze baru dengan kode 2UA telah membuka kemungkinan lahirnya produk baru. Sebelumnya platform Amaze menggunakan tipe platform kecil dan harus dimodifikasi untuk menghadirkan Honda BR-V. Platform itu telah dimodifikasi untuk menempatkan roda yang lebih besar sebagai bagian dari sebuah produk SUV.

Produk SUV baru Honda akan memiliki ukuran 4 meter yang akan bersaing melawan produk seperti Suzuki Vitara Brezza, Ford EcoSport dan Toyota C-HR. Sedangkan SUV kecil baru Honda bisa jadi akan menggantikan peran crossover WR-V. Hal ini karena dengan penggunaan platform kecil Amaze yang memakan biaya lebih rendah dibandingkan WR-V yang menggunakan platform dari Honda Jazz. Dari sisi desain, produk baru Honda akan memiliki tampilan sporty untuk sebuah kompak SUV. Hadir dengan ruang kabin yang juga lebih lega.

Produk SUV kedua kemungkinan hadir dengan simensi 4,2 meter hingga 4,3 meter dengan target ukuran yang lebih besar dibandingkan Hyundai Creta. SUV baru ini akan ditempatkan sebagai produk SUV premium ketimbang BR-V yang lebih kepada MPV bergaya crossover.

Salah satu sumber yang ada mengatakan bahwa SUV baru ini bisa memiliki konfigurasi 5 tempat duduk atau 7 tempat duduk seperti BR-V. Kehadiran Hyundai Creta generasi baru pada 2021 dengan konfigurasi 7 tempat duduk pastinya akan mempengaruhi rencana Honda pada SUV baru mereka.

Kedua SUV baru itu akan menggunakan mesin dan transmisi yang sudah ada saat ini. SUV yang lebih besar akan menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter dari Honda Jazz, sedangkan produk kompak SUV baru akan menggunakan mesin 1.2 liter dari Honda Brio atau Amaze. Dikabarkan model baru Honda itu juga akan menggunakan pilihan mesin diesel. Tersedia juga pilihan transmisi manual dan otomatis, serta CVT.

Honda sebelumnya memang mengungkapkan memiliki rencana untuk meluncurkan enam model baru pada 2020 di India dan tidak kecil kemungkinan sejumlah produk itu juga akan dipasarkan di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here