Jakarta, IOTOMOTIF.com – Memanfaatkan adanya momentum ajang pameran tahunan, Indonesia International Motor Show 2018, Suzuki memperkenalkan mesin tempel terbaru, Suzuki OBM DF325A.

Mesin tempel (outboard motor) 4-tak DF325A ini dikatakan bukan sembarang mesin tempel, namun memiliki berbagai keunggulan seperti dapat menyeimbangkan daya dan tekanan dengan sangat baik, desain stylish, ringan serta memiliki efisiensi bahan bakar terbaik dikelasnya. Mesin tempel Suzuki DF325A ini memiliki kapasitas mesin 4.390 cc dengan dual propeller (baling-baling) dengan putaran berbeda pertama di dunia.

“Kami sangat senang bisa memperkenalkan salah satu lini produk terbaru Suzuki OBM yaitu DF325A kepada pengunjung IIMS 2018. DF325A merupakan mesin tempel satu-satunya didunia yang memiliki dual propeller yang berbeda arah putarannya. Teknologi ini membuat kapal lebih stabil dan meningkatkan efisiensi bahan bakar, sehingga cocok untuk kebutuhan para pemilik kapal ataupun pengusaha bisnis transportasi dan pariwisata,” ungkap Leo Wijaya, Assistant to Department Head OBM PT SIS dalam keterangan resmi.

Suzuki DF325A dikatakan hadir dengan mengusung konsep “Geki” yaitu kekuatan. Konsep Geki ini juga dikatakan menjadi simbol gairah dan komitmen Suzuki untuk terus berinovasi dalam menciptakan mesin kapal. Mesin tempel itu sendiri dikatakan ringan dan kompak dengan memadukan tenaga besar dan efisiensi bahan bakar maksimal. Menariknya, mesin itu sudah dirancang untuk berjalan dengan bahan bakar oktan 91. Ini membuat mesin Suzuki DF325A menjadi satu-satunya mesin tempel di dunia dengan tenaga 300 hp yang mampu beroperasi dengan bahan bakar oktan rendah. Membuatnya makin cocok untuk digunakan di berbagai wilayah di Indonesia.

Mesin tempel Suzuki itu memiliki rasio kompresi 10,5:1. Menggunakan sitem injeksi bahan bakar yang menopang dua hal, yaitu menyemburkan bahan bakar dan mendinginkan silinder melalui Dual Injector System. Selain itu, Suzuki juga memberikan DF325A teknologi Direct Intake System dan Dual Louver System untuk menjaga mesin tetap kering. Mesin tempel Suzuki DF325A juga dilengkapi Dual Water Inlet, yaitu teknologi yang dikembangkan untuk mendinginkan mesin dengan meminimalisir gesekan menggunakan kombinasi antara pompa air kecil dan tekanan air yang dinamis.

Tidak hanya itu, berbagai teknologi canggih Suzuki juga sudah diadaptasi oleh DF325, seperti Lean Burn System yang merupakan sistem pintar untuk membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Lalu juga penggunaan Timing Chain dengan Self Adjusting Technology, 2-stage Gear Reduction serta Offset Driveshaft yang memberikan tambahan tenaga dan mengurangi getaran. Kemudian juga, New Multi Function Gauge yang berisi informasi mengenai tachometer, kecepatan, dan bahan bakar sehingga memudahkan konsumen mengetahui informasi yang dibutuhkan saat beraktifitas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here