Home » News » Nasional » Yamaha XMAX Mulai Dijual di IIMS 2017
Nasional

Yamaha XMAX Mulai Dijual di IIMS 2017

Jakarta – Pabrikan sepeda motor asal Jepang, Yamaha di Indonesia tidak lama lagi akan meluncurkan produk skutik bongsor 250 cc, Yamaha XMAX. Moge itu pertama diperkenalkan di Tanah Air pada November 2016 lalu menggunakan ajang Indonesia Motorcycle Show (IMoS).

Kala itu Yamaha Indonesia masih hanya memperkenalkan dan belum memberikan banderol harga. Hingga saat ini Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih belum diketahui secara pasti kapan akan menjual saudara dari NMAX itu.

Dyonisius Beti, Executive Vice President PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjawab kalau harapannya produk ini bakal dipasarkan sebelum lebaran, setelah proses pengiriman ekspor ke negara tujuan selesai.

“Jadi ekspor ini butuh satu bulan sampai ke tempat tujuan. Jadi harapan kita sebelum lebaran,” tutur Dyon.

Tidak lama lagi akan ada momentum yang bisa jadi dimanfaatkan pihak Yamaha untuk menghadirkan motor tersebut, yaitu Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017.

“XMAX diusahakan, model ini juga sudah masuk produksi massal di Maret 2017, dan di Italia sudah melakukan press test di Italia, jadi motor ini sudah berjalan. Tadi disebut sebelum Juli, tapi kalau saya ingin sebelum itu. IIMS? Nampaknya tidak ya,” kata M Abidin, GM Aftersales Division YIMM.

Untuk masalah inden sendiri, ternyata Yamaha sudah menutupnya, dengan jumlah pendaftar yang sudah berada di sekitar 400 an unit.

“Inden sudah tutup, dan yang sudah mendaftar mencapai 400 unit. Ini tentu enak bagi konsumen yang inden, tapi bagi kita ini sulit, karena memang timing-nya (pemasaranya) belum kami putuskan kapan, karena masih harus tunggu giliran,” tutur Abidin.

Dan terakhir yang tidak kalah pentingnya, masalah harga, Yamaha XMAX 300 di Inggris dipasarkan 4.949 poundsterling atau setara Rp 82,7 juta. Untuk pasar Indonesia sendiri, diperkirakan akan lebih murah, antara Rp 50 juta hingga Rp 70 juta, hal ini karena motor diproduksi di dalam negeri.