Home » News » Nasional » Yamaha R3 Produksi Indonesia Tidak Memenuhi Syarat di India
Nasional

Yamaha R3 Produksi Indonesia Tidak Memenuhi Syarat di India

New Delhi – Motor sport Yamaha R3 yang juga saudara dekat dari Yamaha R25 mulai 1 April 2017 yang lalu tidak lagi dipasarkan di India. Hal ini dikarenakan motor produksi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Pulogadung itu tidak memenuhi standar emisi yang ditetapkan di sana.

India sendiri sudah mulai memberlakukan standar emisi minimal Bharat Stage (BS) IV, atau setara Euro IV untuk sepeda motor baru per April tahun ini. Sedangkan Yamaha R3 yang dihadirkan di Indonesia masih berada pada standar emisi BS III atau setara Euro III, seperti ketetapan di Indonesia.

Meski begitu, ternyata Yamaha India tidak akan seterusnya menghilangkan motor sport R3 di sana. Dikatakan bahwa mereka tengah menunggu versi baru dari Indonesia yang telah memenuhi standar emisi BS IV. Versi baru motor sport Yamaha R3 ini diperkirakan akan hadir pada Juni 2017 mendatang.

Tidak hanya sudah memenuhi standar emisi, versi baru Yamaha R3 nanti juga akan mendapat grafis dan pilihan warna baru. Selain itu, pilihan fitur pengereman ABS juga akan dihadirkan. Sedangkan untuk dapur pacu sendiri masih sama, menggunakan mesin berkapasitas 321 cc 2 silinder DOHC yang mampu menyemburkan tenaga 42 hp dan torsi puncak 29,6 Nm yang dipadukan dengan transmisi enam percepatan.