in , ,

Suzuki Ertiga Terbaru Resmi Meluncur di IIMS 2018

Jakarta, IOTOMOTIF.com – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya secara resmi menghadirkan Suzuki Ertiga generasi ketiga di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JExpo Kemayoran, Jakarta. Kehadiran di Indonesia ini juga merupakan peluncuran perdana Ertiga terbaru secara global.

“All New Ertiga jadi model MPV yang akan memenuhi kebutuhan konsumen. Total sales sejak hadir 2012 lalu sampai 2017 adalah 243.000 unit. Model ini akan kita ekspor juga ke 70 negara dan dibuat dari pabrik di India dan Indonesia,” ucap Managing Officer Global Automobile Marketing Suzuki Motor Corporation Shuji Oishi.

Dari sisi eksterior, Suzuki Ertiga generasi ketiga ini memiliki ukuran dimensi 4.395 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.690 mm, dan memiliki radius putar 5,2 meter. Dimensi ini lebih panjang 130 mm, lebar 40 mm dan tinggi 5 mm dibanding model Ertiga lama.

Mobil Ertiga baru hadir dengan desain baru terlihat jelas pada bagian depan dengan grille yang nampak elegan dipadu headlamp yang didesain sedikit mengkotak dan dinamis dilengkapi dengan proyektor.  Tidak lupa bagian bawah disematkan foglamp dirangkai dengan desain sporti yang masih memiliki ciri khas seperti model lama. Sekilas bila dilihat dari depan, Ertiga baru mirip dengan wajah Toyota Innova.

Beralih ke dalam kabin, interior Ertiga terlihat jelas sudah mengadopsi sistem start/stop engine untuk mematikan dan menyalakan mesin. Pada dashboard juga terdapat head unit touchscreen yang sudah terkoneksi dengan smartphone. Untuk memanjakan para penumpang, Suzuki juga memberikan mobil low MPV ini dengan empat speaker, dua diletakkan di sisi depan kanan-kiri dan sepasang lagi ditempatkan di bagian belakang. Lingkar kemudi saat ini juga sudah bisa disesuaikan lewat fitur tilt steering, serta ada juga pengaturan tinggi rendah pada kursi pengemudi.

Selain memberikan kenyamanan pada para penumpang, Suzuki juga tidak lupa untuk memberikan sisi keamanan lebih pada Ertiga baru. Mobil ini menggunakan platform baru yang disebut Heartect dengan fitur Electric Stability Programme, Anti-lock Braking System, Elecxtronic Brake-Force Distribution, dan Isofix. Pada bagian depan juga tersedia dua SRS Airbag (kantung udara).

Versi baru mobil MPV Suzuki Ertiga 2018 hadir dengan spesifikasi dapur pacu mesin baru berkode K15B 1.5L (1.462cc) empat silinder yang mampu menghasilkan tenaga 104,7 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 rpm. Mesin baru itu dikombinasikan dengan pilihan transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan CVT.

Dan terakhir yang tidak kalah pentingnya mengenai harga, namun sayangnya Suzuki masih enggan mengumumkan harga Suzuki Ertiga baru.

“Ini strategi dalam peluncuran kami. Jadi mohon maaf kami akan umumkan di kemudian hari. Tapi bagi konsumen yang tertarik sudah dapat melakukan booking,” ucap 4W Marketing Director PT SIS, Donny Saputra.

Written by Rahmanto Elfian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sokon Glory 580, Pesaing Baru Honda CR-V Diperkenalkan di IIMS 2018

BMW Group Indonesia Hadirkan Jajaran Mobil Andalan di IIMS 2018