Pembangunan jalan tol di Indonesia berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Baru-baru ini, Presiden RI, Joko Widodo kembali meresmikan ruas jalan tol Ngawi – Kertosono untuk seksi 1 hingga seksi 3 sepanjang 49,51 kilometer dari total keseluruhan jalan tol sepanjang 87 km.

Menariknya, kali ini Jokowi mencoba jalan tol baru itu naik truk. Jokowi menggunakan truk berwarna kuning dari merek berlogo Tiga Berlian yaitu Mitsubishi Fuso. Tipe truk yang digunakan Jokowi adalah Colt Diesel Super HD-X 6.6. Selain itu tidak ketinggalan truk Fuso tersebut dipasangkan plat nomor yang bertuliskan RI 1.

Selain Jokowi, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo juga ikut serta dalam rombongan bersama dengan Menteri Sekertaris Kabinet Pramono Anung di truk kedua yang berada persis di belakang truk pertama yang dinaiki oleh Presiden.

Jalan Tol Ngawi – Kertosono sendiri adalah jalan tol sepanjang 87,02 kilometer yang memiliki empat gerbang tol (GT), yaitu GT Ngawi, GT Madiun di Dumpil Balerejo, GT Mejayan di Caruban, dan GT Wilangan di perbatasan Kabupaten Madiun-Nganjuk, Desa Pajaran Kecamatan Saradan.

Jalan tol ini merupakan jaringan dari jalan Tol Trans-Jawa dan pencanangan pembangunannya dilakukan pada 30 April 2015 oleh Presiden Joko Widodo.

Jokowi juga meminta jalan tol diintegrasikan dengan pelabuhan, bandar udara, dan kawasan ekonomi khusus. “Semua tersambung sehingga mobilitas barang betul-betul kita tekan semua. Dengan itulah kita bisa bersaing,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here