Jakarta, Iotomotif.com – Belum lama ini Toyota di Malaysia menghadirkan versi baru Avanza dengan gaya desain SUV. Varian baru Toyota Avanza ini bernama 1.5X. Namun sayangnya langkah berani Toyota Malaysia dengan menghadirkan Avanza berasa SUV ini tidak akan diikuti oleh Toyota di Indonesia.

Hal ini terungkap dari Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, bahwa pengembangan sebuah produk di suatu negara menjadi hak masing-masing APM. Biasanya pengembangan juga baru akan dilakukan sesuai kebutuhan pasar.

Soerjo memberi contoh Yaris Ativ milik Toyota Thailand, yang tidak diikuti Toyota di Indonesia. Begitu pula dengan Yaris Heykers yang dipasarkan di Indonesia tidak diikuti oleh Toyota di Thailand dan Malaysia.

“Penyegaran tergantung pasar yang ada di masing-masing negara. Jadi local development sah dimiliki masing-masing negara,” kata Soerjo.

Terkait Toyota Avanza rasa SUV di Malaysia, Soerjo berpendapat bahwa TAM tidak perlu mengambil langkah yang sama. Hal ini dikarenakan di Indonesia Toyota sudah memiliki produk asli SUV dengan kapasitas yang sama dengan Avanza, yaitu Toyota Rush. Selain itu Soerjo juga menyatakan bahwa TAM tidak mau menghadirkan produk dengan konsep ” MPV rasa SUV” ataupun sebaliknya. Hal ini dikarenakan Toyota memiliki produk di masing-masing segmen tersebut.

“Kenapa kita tidak mau mengikut Malaysia, karena kita mau membedakan SUV 7-seaters dan MPV 7-seaters. Dengan kata lain Avanza dan Rush berbeda,” ucap Soerjo.

Baca  Sebanyak 5.000 Unit Toyota Avanza di Ekspor Ke Timur Tengah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here