Perbandingan Fitur Keselamatan Toyota Yaris Terbaru dan Honda Jazz

Toyota Indonesia baru saja meluncurkan generasi baru Yaris yang hadir dengan beragam perubahan, baik pada sisi eksterior maupun interior. Tidak hanya itu, mobil hatchback andalan Toyota ini juga memiliki fitur keselamatan yang lebih lengkap dibandingkan versi sebelumnya.

Terkait sisi keselamatan, bagaimana bila dibandingkan dengan pesaing kuatnya, Honda Jazz? Apakah Toyota Yaris ini bisa mengalahkannya dalam sisi fitur?

Dalam sistem pengereman, keduanya sudah hadir dengan Anti-lock Brake System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD). Tapi untuk Yaris sudah dilengkapi Brake Assist (BA) sebagai standar pada semua varian dan discbrake di bagian roda belakang untuk varian TRD Sportivo. Sedangkan Honda Jazz dengan Brake Override System.

Kantung udara atau airbag juga menjadi salah satu fitur penting dalam menjamin keselamatan para pengguna. Jika di Honda Jazz hanya dilengkapi dengan dua titik airbag yang hanya ada di dashboard saja, Toyota Yaris hadir dengan 7 titik airbag yaitu dua di dasbor, dua curtain airbag, dua side airbag untuk penumpang depan dan satu knee airbag untuk pengemudi.

Versi baru Toyota Yaris juga sudah dilengkapi dengan fitur andalan Vehicle Stability Control (VSC) yang diklaim bisa memberikan kestabilan berkendara saat akselerasi dan juga melakukan manuver menikung dengan kecepatan yang lebih tinggi. Sedangkan Honda Jazz yang belum dilengkapi dengan Stability Control ataupun Traction Control.

Fitur paling penting dalam menjamin keselamatan para penumpang, sabuk pengaman atau seatbelt tiga titik dengan pretensioner dan force limiter atau load limiter untuk lima penumpang dewasa menjadi standar pada kedua hatchback ini di seluruh varian. Begitu juga dengan ISOFIX yang juga hadir pada kedua hatchback ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here