Toyota baru saja meluncurkan generasi terbaru Toyota Yaris pada Selasa (20/2/2018) yang lalu. Mobil hatchback yang dirakit di dalam negeri itu kabarnya tidak hanya dipasarkan di Tanah Air, namun juga akan dijual ke luar negeri.

Toyota merakit mobil hatchback Yaris di fasilitas pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. Mobil hatchback andalan pabrikan asal Jepang itu diklaim memiliki kandungan lokal hingga 75 persen.

Toyota Yaris hasil rakitan pabrik di Karawang akan diekspor ke tiga negara ASEAN, yaitu Brunei Darusalam, Malaysia dan Singapura.

“Khusus untuk Yaris, dibanding model lain sebenarnya belum signifikan. Sekarang masih terdiri dari tiga negara Asean, itu adalah Brunei Darusalam, Malaysia dan Singapura, tapi volumenya (jumlah unit per negara) belum banyak,” terang Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktut PT TMMIN.

Namun Warih mengaku bahwa pihaknya selalu siap jika nantinya permintaan Yaris ini mengalami peningkatan. “Mengenai kapasitas produksi, kami akan selalu fleksibel. Plant 2 kami kapasitasnya masih banyak dan kami fleksibel sesuai permintaan customer, kami siap untuk meningkatkan produksi baik Yaris maupun model lainnya,” jelas Warih Andang.

Toyota Yaris 2018

Mobil Toyota Yaris terbaru menggunakan mesin 2NR-FE yang sama dengan Sienta, Kijang Innova dan Fortuner. Yaris menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc, DOHC, Dual VVT-i, yang memiliki power maksimum 107 ps dan torsi 14,3 kgm dan dipadukan dengan pilihan transmisi otomatis CVT dan manual lima percepatan.

Versi baru Toyota Yaris memiliki perubahan pada kap mesin, bumper depan belakang model baru, lampu yang persis dengan Yaris Thailand dan desain bodi yang lebih melandai di bagian atap belakang. Untuk varian tertinggi, TRD Sportivo telah dilengkapi fitur Follow Me Home pada lampu utamanya.

Baca  Toyota : All-New Toyota Yaris Inden Sampai April

Selain perubahan pada eksterior, interior mobil juga mengalami perubahan besar, seperti hadir dashboard yang dirancang lebih menarik dan menciptakan kesan lebih. Bagian tengah menonjol kedepan dengan desain lebih menantang seperti gelombang (surf wave). Penggunaan warna silver pada beberapa ornamen yang membuat mobil berkesan lebih modern seperti pada konsol bagian depan, speaker, register knob, dan pengatur AC.

Untuk memanjakan para penumpang, mobil dilengkapi dengan beragam fitur HD Display, DVD, Radio FM/AM, USB, AUX, Bluetooth (audio dan phone). Khusus untuk tipe G dan TRD Sportivo, dilengkapi dengan iPod ready, miracast, weblink, internet connectivity serta multitasking window dan remote apps melalui smartphone. Sportivo, dilengkapi dengan iPod ready, miracast, weblink, internet connectivity serta multitasking window dan remote apps melalui smartphone.

Pada tipe tertinggi juga terdapat VSC, hill assist dan EBD untuk menjamin keselamatan berkendara. Bahkan kini terdapat pula mode berkendara plus paddle shift, lagi-lagi hanya untuk tipe TRD Sportivo.

Dalam menjamin keselamatan para penumpang, Toyota Yaris dilengkapi dengan berbagai beragam perlengkapan dan fitur, seperti 7 SRS Airbag, Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), Seatbelt Warning untuk pengemudi dan penumpang depan, Emergency Brake Signal (TRD Sportivo Grade), 3-point seatbelt for all passengers, Whiplash Injury Lessening, Anti-lock Breaking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here