Tips 5 Cara Melihat Mobil Bekas Banjir

Cuaca yang ekstrim dengan intensitas hujan yang tinggi membuat sejumlah wilayah di Indonesia mengalami banjir. Selain merendam rumah dan berbagai fasilitas, banjir juga sering merendam mobil yang membuatnya mengalami kerusakan.

Berhubungan dengan itu, kali ini kami akan memberikan beberapa informasi ciri-ciri mobil bekas banjir. Hal ini penting bagi para konsumen yang akan membeli dan memilih mobil bekas. Para konsumen harus secara ekstra melihat kondisi mobil itu, bisa jadi secara fisik terlihat mulus dan terawat namun menyimpan masa lalu kerusakan parah.

Mobil bekas banjir bisa saja ditawarkan kepada konsumen yang sedang apes tidak mengetahui bagaimana cara melihat dan memeriksa mobil tersebut. Untuk itu kali ini kami berikan sejumlah ciri-ciri cara mengetahui mobil bekas banjir.

Tips Cara Mengetahui Ciri-Ciri Mobil Bekas Banjir

  1. Memeriksa Surat Kendaraan

Cara pertama adalah melihat surat kendaraan yang tentunya akan memperlihatkan alamat atau lokasi rumah pemilik sebelumnya. Kita dapat mencari tahu, apakah lokasi tersebut sering mengalami banjir atau tidak.

Namun bila ternyata penjual merupakan tangan kedua dan belum melakukan balik nama, kita bisa bertanya lebih jauh tentang pemilik sebelumnya.

  1. Periksa Eksterior dan Interior

Melihat mobil bekas banjir bisa diketahui dengan melihat eksterior dan interior mobil. Sedapat mungkin lakukan pemeriksaan pada seluruh bagian.

Bila didapati kotoran atau benda seperti daun kering dan sampah plastik di tempat yang tidak wajah seperti ruang mesin, kita patut curiga. Bisa jadi itu merupakan bekas ketika mobil mendapati ari banjir yang kotor.

Pada bagian interior, periksa seluruh bagian termasuk rak dan panel-panel di dashboard. Bila memungkinkan, periksa pula bagian kabel di dalam dashboard.

Bila tampilan kabel terlihat ada sisa lumpur atau malah terlihat bersih, bisa juga itu merupakan tanda mobil bekas banjir, karena kabel di bagian ini biasanya tampak berdebu.

  1. Tidak Ada Bau-bau Aneh

Setelah memeriksa sejumlah bagian interior, kita juga bisa memeriksa apakah pada bagian interior tercium bau tidak wajar seperti bau lumpur atau lembab, bisa jadi itu adalah sisa banjir.

Selain itu, bila terdapat juga bau parfum berlebihan, bisa jadi itu adalah cara penjual untuk menutupi bau tidak wajar di dalam mobil.

  1. Kelistrikan

Dalam memeriksa mobil bekas, kita juga perlu untuk memeriksa semua hal dan fitur yang terkait dengan kelistrikan, mulai dari saat starter mobil yang seharusnya tidak ada kendali hingga fitur, seperti tape, power window, lampu, dan central lock.

  1. Riwayat

Dalam membeli mobil bekas yang tidak terlalu tua, kita juga akan mendapat catatan riwayat servis menjadi tanda kalau pemilik sebelumnya melakukan perawatan dengan baik

Meski berbagai tips ciri-ciri mobil bekas banjir itu terlihat ribet yang tidak bisa dilakukan dengan cepat seperti melihat kabel di dalam dashboard, namun bagi para pencari mobil bekas kondisi terbaik ini merupakan salah satu hal yang harus dilakukan. Dengan melakukan pemeriksaan secara teliti, tidak hanya membantu mendapatkan mobil bekas yang baik kondisinya saja, namun juga memungkinkan mobil berumur lebih panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here