Para pemilik mobil pasti tidak ingin mobil yang dikendarainya tiba-tiba saja mengalami mogok dan berhenti di tengah jalan. Selain melakukan pencegahan dengan melakukan perawatan teratur pada mobil, para pengguna kendaraan roda empat paling tidak mengetahui cara mengatasi mobil mogok agar tidak kebingungan ketika mengalami hal tidak terduga ini.

Mobil mogok dan tiba-tiba mati di tengah jalan terkadang ditandai dengan kendaraan yang tiba-tiba mati dan sulit dinyalakan. Meski sebelum berpergian kita sudah melakukan pengecekan dan melihat kondisi mobil yang sehat, kadang mobil masih bisa mogok. Banyak hal yang bisa menyebabkan mobil mengalami mogok di jalan, diantaranya seperti;

Bahan Bakar

Paling sering menyebabkan kendaraan mogok di tengah jalan adalah habisnya bahan bakar. Sebaiknya para pemilik kendaraan untuk memastikan terlebih dahulu jumlah bahan bakar di dalam mobil sebelum memulai perjalanan.

Usia Mobil

Penyebab terjadinya mobil mogok paling sering terjadi selanjutnya adalah mengenai usia mobil itu sendiri, terutama mobil dengan umur lima tahun di atas yang bisa saja diakibatkan oleh arus listrik ke koil yang tiba-tiba merosot drastis. Ketika hal ini terjadi dapat mengakibatkan proses pembakaran tidak terjadi, karena pemantik api tidak mendapat aliran listrik. Untuk mendeteksi masalah ini, cukup dengan memeriksa kabel distributor dan menempelkannya ke bodi mobil.

Setelahnya coba untuk menyalakan kembali mobil. Bila terdapat percikan api, maka arus listrik di dalamnya masih ada. Tapi bila tidak terdapat arus listrik, maka kita perlu untuk memeriksa kembali sambungan kabel.

Arus Listrik

Penyebab selanjutnya terjadinya mobil mogok adalah arus listrik yang lemah. Kondisi arus listrik lemah ini dapat terjadi dikarenakan oleh beberapa hal, seperti kabel di terminal plus atau minus aki yang kendur, alternator yang sudah aus, dan aki yang sudah habis masa penggunaannya.

Alternator

Mobil mogok juga bisa disebabkan oleh alternator yang sudah aus. Komponen alternator sendiri berfungsi untuk mengisi arus listrik ke aki. Karena bila komponen ini mengalami masalah atau rusak maka aki bisa kehabisan cadangan listrik. Beberapa hal yang sering terjadi di alternator adalah diode putus, gulungan kawat tembaga putus, kabel berkarat, dan lainnya.

Karburator

Karburator juga menjadi salah satu masalah yang sering menyebabkan mobil mogok. Pada umumnya masalah yang terjadi pada karburator dikarenakan semburan bahan bakar yang terlalu sedikit. Sehingga hal ini membuat proses pembakaran menjadi tidak sempurna. Untuk mendeteksi karburator ini cukup mudah, cukup dengan melepas selang bahan bakar yang kemudian masukkan ujungnya ke dalam botol. Kemudian coba nyalakan mobil. Bila bahan bakar masih mengalir, maka bahan bakar masih berfungsi dengan baik.

READ  Perbandingan Mobil Mesin Diesel dan Mesin Bensin

Switcher

Penyebab lain terjadinya mogok mobil adalah pada switcher yang sudah aus. Komponen switcher ini berguna untuk menghidupkan hingga mematikan mesin. Biasanya kerusakan terjadi akibat kabel yang renggang, logam kontraktor plus minus tidak tersambung dan lainnya. Untuk mengatasi masalah mobil mogok dikarenakan switcher ini bila dalam keadaan darurat bisa dengan menggunakan peniti untuk menyambungkan kedua kabel tersebut yang harus diganti segera dengan kabel baru setelahnya.

Cara Menyalakan Mobil Mogok

Selain cara di atas, cara mengatasi mobil mogok lain yang dapat dilakukan untuk menyalakan kembali mobil;

Cara Menyalakan Mobil Mogok
  1. Solusi cara mengatasi mobil mogok yang pertama adalah mendorong mobil. Cobalah untuk mendorong mobil sekuat tenaga dengan driver yang terus melakukan starter berulang kali. Pastikan pula rem parkir dalam keadaan bebas dan pedal kopling dalam keadaan terinjak sehingga dapat menghasilkan dorongan yang lebih maksimal. Cara ini sering digunakan oleh banyak orang yang mengalami mogok ditengah jalan.
  2. Cara selanjutnya yang dapat anda coba adalah jumper aki. Untuk solusi ini anda membutuhkan dua buah aki. Anda dapat meminta bantuan aki dari mobil lainnya sebagai pemancing aki mobil anda.
  3. Anda juga dapat mengatasi mobil mogok dengan memutar roda mobil saja. Solusi ini mungkin cocok untuk anda yang sedang bepergian sendiri. Cara ini hanya membutuhkan seutas tali panjang dan dongkrak mobil. Tips saat memutar ban mobil adalah usahakan agar kedua tangan anda memegang masing-masing ujung tali baik sebagai penarik dan pengait agar tidak lepas. Kemudian tarik sekuat mungkin sambil melepas sisi tangan lain yang menjadi pengait.
Cara Menyalakan Mobil Mogok Putar Ban

Cara Mengatasi Mobil Mogok karena Overheat

Selain karena masalah biasa yang terjadi pada berbagai komponen yang menyebabkan mogok mobil, sering kali kendaraan juga mogok di tengah jalan karena overheat mesin atau kondisi mesin mobil yang terlalu panas akibat dipaksakan terus berjalan. Kendala ini sering terjadi untuk mobil-mobil yang sudah cukup tua, meski begitu, tidak menutup kemungkinan masalah ini juga terjadi pada mobil baru yang kepanasan karena dipakai terus menerus tanpa berhenti. Beberapa penyebab mobil mengalami overheat atau kepanasan;

READ  Tips Membersihkan Lampu Depan Agar Tidak Buram
Cara Mengatasi Mobil Mesin Panas
  • Kebocoran pada radiator
  • Tutup radioator tidak sempurna
  • Kondisi selang raditor yang cukup tua
  • Kipas pada radiator kurang optimal
  • Pompa air radiator tidak berjalan

Kondisi mobil mogok karena overheat ini dapat diatasi dengan mudah, berikut ini cara mengatasi mobil mogok dikarenakan mesin mobil kepanasan;

Mobil Mogok Berikan Segitiga Pengaman
  • Tepikanlah mobil terlebih dahulu di tempat yang cukup aman. Untuk lebih amanya, dapat menyalakan lampu darurat sebagai signal menandakan bahwa mobil harus berhenti di sana dalam posisi lama dan juga memberikan tanda segitiga pengaman untuk menandakan bahwa mobil kita sedang mogok.
  • Posisikan kopling mobil pada posisi N pada mobil manual dan posisi P pada mobil matic. Matikan semua komponen yang berhubungan dengan listrik yang tidak perlu.
  • Nyalakan mesin pada putaran yang rendah saja untuk mengurangi kinerja mesin mobil anda. Bila ingin mendinginkan mobil secara cepat, dapat langsung mematikan mesin mobil.
  • Perhatikan apakah terlihat uap air yang keluar dari kap mesin atau tidak. Bila hal ini terjadi, maka matikan mesin dan jangan dibuka sebelum asap yang keluar habis. Asap tersebut dapat berbahaya bila langsung mengenai anggota tubuh kita.
  • Dinginkan mesin dan cek volume air di dalam radiator. Jangan membuka tutup radiator pada saat kondisi masih panas karena dapat mengeluarkan air panas yang tentunya berbahaya bila mengenai kulit anda.
  • Setelah kondisi mesin dingin, dapat mulai mengecek satu persatu volume air di dalam radiator, selang radiator, tutup radiator, putaran kipas, kebocoran air, pompa air, dan lainnya.
  • Pastikan air di reservoir dalam volume yang tepat. Jika kurang tentunya anda dapat menambahkan air sambil mesin dihidupkan sampai isi reservoir setengah penuh.
  • Bila anda mengetahui penyebab mesin mogok, mungkin dapat langsung memperbaikinya. Namun bila anda tidak mengetahuinya, dapat mencari bengkel terdekat agar mobil anda dapat diperbaiki.

Cara Mengatasi Mobil Mogok karena Banjir

Selain mobil mogok karena beberapa alasan sebelumnya, pemilik mobil juga bisa mengalami mogok dikarenakan penyebab lain, seperti nekat menerobos banjir yang menggenang di jalan.

READ  Air dan Embun Pada Lampu Mobil, Ini Solusinya
Cara Mengatasi Mobil Mogok Banjir

Memang banyak kasus mobil mogok karena menerjang banjir di musim hujan. Jika mengalami masalah tersebut, kita harus menanggapinya dengan tenang dan tidak panik. Ada beberapa cara mengatasi masalah ini dengan mudah. Berikut cara mengatasi mobil mogok karena banjir;

  • Ketika mobil anda tiba tiba mati, cobalah untuk menghidupkannya kembali namun jangan memaksanya berlebihan. Namun bila mobil tak kunjung hidup juga, anda dapat membawanya ke luar dari genangan banjir menuju tempat yang kering.
  • Jika sudah berada di tempat yang kering, cobalah untuk segera membuka kap mesin mobil anda dan keringkan komponen mesin didalamnya terutama yang berhubungan dengan listrik.
  • Bisa dengan menggunakan lap kering, tisu, hingga kertas koran untuk mengeringkan komponen mesin anda. Pastikan bagian mesin seperti kabel busi, koil, busi, dan distributor sudah benar-benar kering.
  • Bila komponen mesin sudah dalam kondisi kering, dapat mencoba menyalakan mobil anda kembali. Namun jika sampai 5 kali dicoba tetap tak bisa dihidupkan maka jangan memaksakannya terus. Cobalah periksa bagian busi. Cabut kabel busi dan lihat kondisinya apakah kemasukan air atau tidak. Buka juga bagian distributor dan bersihkan kembali hingga benar-benar kering.
  • Setelah itu, cobalah untuk menghidupkan kembali mesin mobil. Bila berhasil, segera cek fungsi komponen di dalam kendaraan anda. Terutama bagian rem dan kelistrikan. Rem yang terendam air dapat mengalami kerusakan diberbagai komponennya.
  • Meskipun sudah dapat digunakan, namun tidak ada salahnya jika anda segera membawanya ke bengkel untuk diperiksa lebih lanjut.
Cara Mengatasi Mobil Mogok karena Banjir

Untuk menghindari mobil mogok di tengah jalan, tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan pada mobil yang akan digunakan. Selain itu perawatan rutin juga perlu dilakukan untuk tetap menjaga kondisi mobil selalu baik dan prima. Dan apabila mengalami kendala mogok dan tidak tahu cara mengatasinya bisa dengan cara memanggil layanan mobil derek untuk mengangkut mobil ke bengkel untuk segera diperbaiki atau hanya dengan memanggil teknisi untuk segera dilakukan perbaikan di tempat.

Itulah beberapa informasi mengenai cara mengatasi mobil mogok dalam berbagai kondisi, mulai dari bagian yang rusak karena aus dan termakan usia, mogok karena menerjang banjir dan juga mogok karena mesin panas. Semoga informasi mengenai cara mengatasi mobil mogok ini dapat membantu.