Suzuki Ignis menjadi produk hit PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Indonesia. City car dengan desain unik ini sepanjang 2017 lalu mencatatkan angka penjualan yang cukup tinggi, bahkan mengalahkan pesaingnya, Honda Brio. Dari data penjualan wholesales (dari pabrik ke diler), tercatat Ignis terjual sebanyak 14 ribu unit.

Meski mencatatkan angka penjualan yang tinggi, namun SISI masih membutuhkan waktu dua tahun untuk memproduksi mobil Suzuki Ignis di Indonesia.

Donny Saputra sebagai 4 Wheel Marketing Director SIS mengatakan, bahwa melokalkan kendaraan itu membutuhkan dana investasi yang besar. Dia juga mengatakan kalau berbicara angka investasi, bisa lebih dari Rp 3 triliun.

“Kalau kami bisa buktikan jualan tetap bertahan atau bertambah, lebih gampang untuk kami bernegosiasi dengan kantor pusat (prinsipal). Kemudian yang kedua, bagaimana kami bisa membentuk pasar yang ada,” ujarnya.

Bila Suzuki Ignis jadi diproduksi di dalam negeri akan mempermudah pasokan untuk dipasarkan di Indonesia. Karena itu, pihaknya saat ini tengah melakukan studi yang dilakukan sejak April 2017 lalu.

“Tingkat investasi yang kami perlukan itu terkait juga dengan regulasi, dan kami juga harus melihat permintaan pasar ke depannya. Secara logika, kalau tidak ada biaya pengiriman dan impor, harusnya Ignis lokal lebih murah,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here