Home » Tips & Advice » Owner's Guide » Tips 10 Cara Merawat Mobil Baru yang Baik dan Benar
Owner's Guide

Tips 10 Cara Merawat Mobil Baru yang Baik dan Benar

Mitsubishi Xpander Mobil Baru

Pemilik mobil di Indonesia semakin bertambah tiap tahunnya, terlihat dari angka penjualan mobil baru di Tanah yang terus tinggi, bahkan lebih dari 1 juta unit. Para pemilik mobil baru yang belum lama memiliki kendaraan impiannya pasti cenderung menjaga dan merawat mobil-nya dengan baik agar tetap prima ketika digunakan.

Meski begitu, ternyata banyak pemilik mobil yang tidak tahu cara merawat mobil baru dengan baik dan benar yang menyebabkan kondisi dan kualitas mobil yang terus menurun. Meskipun mobil baru, namun bukan berarti kendaraan itu tidak memerlukan perawatan intensif seperti mobil-mobil lain. Mobil baru masih membutuhkan perawatan agar tetap dalam kondisi terbaik, baik itu dari sisi tampilan maupun performa mesin.

Selain menyerahkan pada para ahli di bengkel maupun tempat cuci mobil, para pemilik juga dapat melakukan perawatan rutin di rumah. Meski perawatan yang dilakukan bisa dibilang sederhana, namun juga akan mempengaruhi kinerja mobil. Karena itu kali ini kami berikan beberapa cara merawat mobil baru yang dapat dilakukan para pemilik untuk menjaga tampilan dan performa.

Menjaga Bodi Mobil dari Jamur

Cara merawat mobil baru yang pertama adalah menjaga mobil dari jamur. Iklim tropis di Indonesia yang menyebabkan sering terjadinya hujan menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi para pemilik mobil. Hal ini dikarenakan bagi para pemilik mobil yang kurang merawat kendaraannya akan mendapati mobil miliknya memiliki jamur di sejumlah cat body mobil dan akan mengurangi tampilan mobil dan membuatnya terlihat kotor.

Cara Merawat Mobil – Jamur Pada Bodi Mobil

Dalam mencegah terjadinya jamur pada mobil sebenarnya sangat mudah. Para pemilik mobil hanya perlu menjaga kendaraanya tidak dalam keadaan lembab, dan kondisi terkena hujan lalu panas secara terus menerus. Ketika mobil terkena hujan, sebaiknya langsung mengeringkan mobil dengan lap kanebo yang juga bisa dilanjutkan dengan lap microfiber. Patut diketahui juga, bagi para pemilik mobil untuk tidak menggunakan mantel mobil saat terjadi hujan, hal ini bisa memancing timbulnya jamur pada body karena lembab.

Rutin Mencuci Mobil

Hal selanjutnya yang perlu diketahui dan dilakukan oleh para pemilik mobil adalah untuk rutin mencuci mobil. Mencuci mobil memang terkesan sepele, namun dengan membersihkan mobil dengan teratur bisa menjaga kinerja mobil juga.

Cara Merawat Mobil – Rutin Cuci Mobil

Mencuci mobil sebenarnya mudah dilakukan, namun butuh hati-hati dan cermat untuk tidak mengakibatkan kerusakan pada proses pencucian mobil. Dalam sejumlah kasus mobil baru saat ini, ternyata ada sejumlah kendaraan dengan bagian yang rapuh, seperti atap mobil dengan kualitas bahan sangat rendah yang bahkan langsung memiliki cap meski hanya disandarkan tangan ketika melakukan pengelapan di bagian atas. Kasus kualitas bahan mobil yang rendah ini tidak hanya terjadi pada mobil dengan harga murah saja, namun juga mobil dengan harga mahal.

Dengan rutin mencuci mobil setiap kali kotor akan membantu membersihkan sejumlah kotoran yang melekat ketiga berkendara. Kotoran yang terlalu lama melekat akan susah untuk dibersihkan bahkan bisa mengakibatkan kerusakan pada cat, seperti kotoran burung.

Setelah mencuci mobil, baiknya membersihkan dengan menggunakan lap microfiber untuk melakukan pengeringan agar body mobil tidak terberet.

Menghindari Sinar Matahari Berlebih

Meski pada dasarnya penggunaan mobil di jalan akan terkena sinar matahari ketika di jalan, namun bagi para pemilik mobil diharapkan untuk sebisa mungkin mengalihkan kendaraan di posisi teduh ketika diparkir, seperti di bawah pohon atau di garasi. Pencarian tempat parkir teduh ini dilakukan agar mengurangi efek dari paparan sinar matahari.

Cara Merawat Mobil – Menghindari Sinar Matahari Berlebih

Selain itu, penggunaan mantel mobil juga berguna ketika parkir, tidak hanya menghadap sinar matahari yang langsung mengarah ke mobil juga menghindari terkenanya debu. Paparan sinar matahari yang terus berlangsung dan berlebih akan membuat cat mobil cepat kusam dan memudar yang tentunya akan mengurangi tampilan.

Menjaga Cat Mobil

Hal yang perlu diketahui selanjutnya dalam merawat dan menjaga mobil adalah menjaga cat bodi. Seperti pada bagian sebelumnya, pengaruh cuaca dan sinar matahari akan mempercepat kusamnya cat mobil. Selain dengan mencari tempat teduh ketika parkir, pencegahan dapat dilakukan dengan menggunakan pelindung cat mobil.

Cara Merawat Mobil – Poles Cat Mobil

Saat ini ada berbagai jenis pelindung cat mobil yang beredar dipasaran dengan harga, kelebihan, dan kekurangan yang berbeda. Selain itu, pelindung cat mobil ini juga biasanya bisa membantu memudahkan dalam pencucian mobil karena kotoran yang lebih sulit menempel.

Membersihkan Bagian dalam Mobil

Tidak hanya menjaga bagian luar mobil saja, namun pemilik juga harus memperhatikan bagian dalam interior mobil. Dalam membersihkan bagian dalam mobil cukup mudah, hanya perlu untuk menyiapkan lap bersih dan cairan pembersih. Cukup menyemprotkan cairan pembersih ke lam kering yang kemudian digosokkan pada bagian interior mobil yang akan dibersihkan.

Cara Merawat Mobil – Bersihkan Bagian Dalam

Namun perlu diketahui untuk tidak langsung menyemprot cairan pembersih langsung ke mobil, hal ini dikarenakan bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mengganggu kelistrikan mobil yang bisa menyebabkan kerusakan. Untuk cara pembersihan ini, bagian yang dapat dibersihkan adalah [ada bagian berbahan karet dan plastik, seperti pada bagian dashboard, doortrim, dan bagian lain.

Untuk bagian lain, kita membutuhkan alat penghisap debut seperti vacuum cleaner karena pastinya mobil akan terus terpapar oleh debu dan tanah. Menggunakan vacum cleaner untuk membersihkan debu yang menempat pada bagian kolong jok mobil, karpet, sela-sela mobil dan bagian-bagian lainnya.

Pada bagian-bagian yang sudah terlalu kotor dan tidak bisa dibersihkan secara sederhana dengan vacum cleaner, seperti karet dan kain karpet, perlu untuk dilepas dan dicuci biasa.

Dengan rutin melakukan pembersihan bagian dalam akan membantu dalam menjaga sirkulasi udara di dalam mobil dan akan lebih sehat. Tidak hanya itu, dengan kebersihan udara di dalam interior juga akan menjaga filter udara untuk lebih awet dan tahan lama.

Merawat Mesin Mobil

Cara merawat mobil selanjutnya adalah dengan merawat komponen penting yang bekerja untuk menggerakkan kendaraan, mesin. Meski begitu, ternyata bagian ini sering kali tidak diperhatikan oleh para pemilik mobil. Kondisi mesin jelas berpengaruh langsung terhadap kinerja mobil, sehingga perlu untuk dilakukan perawatan khusus.

Cara Merawat Mobil – Bersihkan Mesin

Cara sederhana perawatan mesin ini adalah dengan rutin membersihkan debu-debu yang ada pada bagian mesin mobil. Cukup dengan melakukan pengelapan dengan kain ataupun menggunakan sikat pembersih,

Rutin Mengganti Oli Mesin

Hal wajib yang patut untuk diperhatikan dan dilakukan oleh para pemilik mobil dalam merawat kendaraanya, yaitu rutin melakukan pergantian oli. Pergantian oli mobil dilakukan paling tidak selama enam bulan sekali meski jarang digunakan, hal ini dikarenakan untuk menghindari pengendapan yang secara langsung akan mengganggu performa mesin mobil.

Cara Merawat Mobil – Ganti Oli Mesin

Tidak hanya pergantian oli mesin, pemilik mobil juga harus memperhatikan dengan melakukan pergantian teratur pada oli power steering, rem, dan transmisi. Fungsi oli pada mobil ini akan menjaga kelancaran kinerja komponen dalam mobil, jadi patut diperhatikan oleh para pemilik.

Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Cara Merawat Mobil – Bahan Bakar Berkualitas

Hal yang satu ini banyak yang tidak diperhatikan oleh para pemilik mobil karena banyak orang yang berpikir untuk berhemat dengan membeli bahan bakar lebih murah. Kenyataanya, penggunaan bahan bakar berkualitas rendah dan tidak tepat dapat mengurangi performa bahkan bisa membuat kerusakan pada mobil. Hal ini dikarenakan penggunaan bahan bakar yang tidak tepat dan berkualitas rendah akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna pada mesin dan menyebabkan semakin banyaknya kerak yang timbul di dalam mesin.

Bersihkan Bagian Bawah Mobil

Tidak hanya memperhatikan bagian body dan tampilan saja, para pemilik mobil juga perlu untuk memperhatikan kondisi bagian bawah mobil. Pemilik mobil juga perlu untuk membersihkan debu dan kotoran yang melekat pada bagian kolong spartbor dan bagian bawah lainnya.

Cara Merawat Mobil – Bersihkan Bagian Bawah

Adanya pembersihan bagian bawah mobil secara teratur akan menjaga agar bagian penopang bodi mobil tidak berkarat yang dapat merusak bagian mobil itu. Bila kita melakukan pencucian mobil di tempat cuci mobil, bagian bawah juga akan dibersihkan dengan semprotan air bertekanan tinggi untuk melepaskan sejumlah tanah yang melekat di bagian bawah.

Hindari Penggunaan Mobil yang Tidak Tepat

Tips dan cara merawat mobil baru terakhir yang dapat kami sampaikan adalah perlunya untuk menghindari penggunaan mobil yang tidak tepat. Penggunaan tidak tepat ini seperti menggunakan mobil dengan kecepatan tinggi. Penggunaan mobil ataupun kendaraan dengan performa tinggi atau kecepatan tinggi akan memberikan beban lebih pada mesin yang juga akan mempercepat kerusakan. Penggunaan transmisi juga perlu untuk diperhatikan, sesuaikan dengan penggunaan, ketika dalam kecepatan rendah masuk pada gigi rendah, begitu pula sebaliknya.

Cara Merawat Mobil – Muatan Berlebih

Pengereman juga perlu diperhatikan, usahakan tidak sering melakukan pengereman mendadak, cara pengereman seperti ini akan mempercepat kampas rem habis dan juga berbahasa di jalan. Dan terakhir adalah hindari muatan berlebih. Dengan muatan berlebih mobil tidak akan stabil ketika dikendarai dan juga akan memberikan beban lebih, baik itu pada suspensi maupun mesin.

Itulah sejumlah cara dan tips menjaga dan merawat mobil baru sehingga mobil tetap dalam kondisi terbaik dalam jangka waktu lama. Sejumlah cara perawatan mobil yang baru disampaikan tidak hanya berlaku untuk mobil baru saja, namun juga untuk mobil yang sudah lama digunakan. Dan bagi yang akan berpergian baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu ban dan tekanan angin agar dapat menghindari bahaya kecelakaan dalam berkendara.









Get a weekly email with best free content
Subscribe