Datsun Cross Ternyata Gunakan Mesin Mobil Murah

Harga Datsun Cross 2018

Salah satu pabrikan mobil yang masuk pada segmen Low Cost Green Car (LCGC) atau yang banyak disebut mobil murah, Datsun menghadirkan produk baru, Datsun Cross yang ternyata berada di luar segmen itu.

Produk baru Datsun ini tidak lagi hanya ditawarkan dalam pilihan transmisi manual saja, namun juga pilihan transmisi otomatis. Berada di luar segmen LCGC, mobil Datsun Cross dijual dengan harga mulai Rp 163 juta.

Mengenai mesin yang digunakan mobil, Nobuyuki Kawai, Datsun Chief Vehicle Engineer dari Nisan Motor Company Limited mengatakan, kalau mesin 1.2L yang digunakan untuk Cross masih sama dengan model yang sudah ada. Tapi khusus pada transmisi mengalami pembaharuan.

“Meski engine sama tapi control system berbeda dengan Cross. Jadi ini benar-benar baru untuk model baru ini,” ujar Kawai.

Kawai juga menjelaskan bahwa tenaga dan torsi untuk versi manual sama dengan dua produk Datsun, GO dan GO+ Panca, bertenaga 68 hp dan torsi puncak 104 Nm. Sedangkan untuk versi bertransmisi otomatis CVT memiliki tenaga yang lebih besar, naik 10 hp, menjadi 78 hp dan torsi 104 Nm.

Dilihat dari bagian luar, Datsun Cross memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.670 mm dan tinggi 1.560 mm. Sementara untuk jarak sumbu rodanya di angka 2.450 mm dan ground clearance yang cukup tinggi, mencapai 200 mm.

Menariknya, meski memiliki wheelbase yang lebih panjang dibandingkan rata-rata produk di Indonesia dengan radius putar 4,5 meter. Hal ini membuat Datsun mengklaim mobil ini tetap nyaman dan lincah digunakan bermanuver di kota.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here