Home » Tips & Advice » Buyer's Guide » Tips Memilih Mobil Bekas Harga di Bawah Rp 80 juta
Buyer's Guide

Tips Memilih Mobil Bekas Harga di Bawah Rp 80 juta

Tips Membeli Mobil Bekas

Bagi setiap orang pasti menginginkan mobil-mobil baru untuk di gunakan, baik untuk sehari-hari, membawa barang, ataupun untuk bepergian bersama keluarga tercinta. Jika di tarik ke belakang, masyarakat Indonesia tidak banyak yang memprioritaskan untuk membeli mobil baru setiap mereka ingin membeli mobil. Pilihan-pilihan mobil bekas bisa saja menjadi alternative utama ataupun tujuan utama seseorang membeli mobil. Namun banyak yang bilang jika membeli mobil bekas itu banyak resikonya, dan juga yang terberat adalah tertipu oleh pemilik sebelumya.

Sebetulnya anggapan bahwa mobil bekas itu sangat buruk, tidak sepenuhnya benar, karena banyak juga mobil bekas yang masih memiliki kualitas baik bahkan jika memilih dengan cermat akan memperoleh kualitas mobil yang masih seperti baru. Bagaimana jika anda menginginkan mobil tetapi dengan budget kecil misalnya hanya memiliki dana yaitu 80 juta? Ada beberapa tips serta cara yang dapat anda praktekkan untuk membeli mobil bekas incaran anda. Kali ini informasi yang didapat dari otomurah.com mengenai beberapa tips memiliki mobil dengan dana di bawah 80 juta.

Pilih sesuai kebutuhan
  1.    Pilih Sesuai Kebutuhan

Sesuai dengan di awal tadi, anda harus menentukan tujuan anda membeli mobil bekas, misalnya untuk digunakan oleh pribadi sebagai penunjang aktifitas sehari-hari. Perlu memilih dengan tepat agar mobil yang anda beli tidak terkesan terlalu boros dari dana yang telah di tentukan.

  1.    Riset Produk
Lakukan riset produk dulu

Ketika anda sudah memilih jenis mobil sesuai dengan kebutuhan anda, anda perlu menyisihkan waktu beberapa hari untuk melakukan riset dengan teliti, misalnya riset tentang dimana akan membeli mobil, misalnya anda berniat membeli mobil di portal online ataupun offline. Walaupun banyak yang beranggapan membeli mobil di portal online memiliki resiko besar, tetapi resiko sama besarnya jika anda membeli mobil di showroom offline. Banyak situs jual beli, salah satunya seperti otomurah.com. Tentukan budget pembelian mobil misalnya anda memiliki budget total 80 juta, tentukan harga mobil maksimal 65 juta, dengan sisa tersebut, anda akan bisa melakukan perbaikan secara utuh sehingga mobil bekas yang anda pilih menjadi lebih baik lagi.

  1.    Minta Bantuan Expert / Mekanik

Salah satu cara yang umum adalah mencari orang yang mengerti tentang mobil terutama mobil bekas jika ingin melakukan nego atau kunjungan rencana pembelian. Dengan mengajak teman yang expert di bidang mobil ataupun mekanik, anda akan merasa lebih aman dan tidak mudah di tipu.

  1.    Cek di Bengkel Resmi
Minta hak untuk cek mobil di bengkel resmi

Ketika anda sudah cocok dengan salah satu mobil, baik setelah bertemu dengan penjual melalui online maupun offline, anda harus meminta hak serta kesepakatan untuk membawa mobil tersebut dilakukan cek di bengkel resmi, tentunya ajak si empunya mobil kesana. Dengan cara ini pihak penjual tidak akan bisa berbohong dengan kondisi mobil yang dimilikinya.

  1.    Minta Penawaran Harga Kembali

Jika di awal penjual mengatakan bahwa mobilnya tidak ada masalah di banyak sisi, dan ternyata ketika di cek ke bengkel resmi banyak perbaikan, anda bisa melakukan penawaran ke dua dari harga awal misalnya 65 juta, dan hasil pengecekan di bengkel resmi membutuhkan perbaikan hingga 10 juta, tawarlah harga mobil lebih turun lagi dari harga awal yang diberikan.

Meminta FC KTP dan menandatangani surat penerimaan DP
  1.    Minta Fc KTP dan Juga Perjanjian Pemberian DP

Banyak kasus di luar sana yang ketika ingin membeli mobil dan sudah melakukan DP, si penjual melarikan diri, anda perlu berhati-hati dalam setiap transaksi. Anda tidak boleh langsung percaya ataupun yakin pada si penjual mobil dengan membiarkan dp begitu saja anda berikan, namun buat kesepakatan ringan untuk meminta FC KTP serta menandatangani surat penerimaan DP dilengkapi dengan materai, jika perlu bawa kwitansi sebagai penguat bukti, dan hingga tahap ini, anda perlu membawa satu orang lain misalnya sang expert tadi, bukan hanya sebagai pemberi saran, namun juga saksi atas transaksi tersebut.

  1.    Perbaiki & Gunakan Mobil Dengan Nyaman

Setelah anda melakukan perbaikan di beberapa sisi mobil berdasarkan rekomendasi bengkel resmi, dan juga melunasi pembelian mobil misalnya dari 65 juta anda berhasil menawar menjadi 60 juta dijumlah dengan biaya perbaikan 10 juta, anda masih mempunyai dana cadangan dari pembelian mobil 10 juta rupiah, anda bisa menggunakan mobil ini untuk kebutuhan anda sehari-hari.

Dengan memahami beberapa langkah ini, semoga anda lebih cermat lagi dalam membeli mobil. Ingat bahwa jangan menghabiskan total dana yang anda miliki hanya untuk membeli mobil bekas, karena mobil bekas itu masih butuh beberapa treatment sehingga mobil yang anda beli kembali ke performa terbaiknya. Untuk rekomendasi terakhir adalah bertemu dengan penjual minimal 2 -3 kali, agar kepercayaan itu dapat terbangun, serta untuk lebih amannya lagi coba peroleh kontak dan alamat penjual karena bisa dibutuhkan lagi untuk pengurusan beberapa keperluan selanjutnya seperti balik nama.









Get a weekly email with best free content
Subscribe