Jumlah Tes Pramusim MotoGP Akan Dikurangi

Penambahan seri MotoGP mulai musim 2018 membuat semakin padatnya jadwal. Pada balap musim 2018 MotoGP balapan menjadi 19 seri dan musim 2019 bahkan berjumlah 20 seri Menghadapi hal tersebut, sejumlah tim pabrikan MotoGP sepakat mengurangi jumlah tes pra musim dari tiga menjadi dua pada musim 2019 mendatang.

Pada MotoGP 2018 tahun ini, Thailand masuk menjadi tuan rumah yang menyebabkan balapan berjumlah 19 seri. Kondisi ini dikatakan para pabrikan sebagai musim tersibuk kejuaraan dunia balap motor itu.

Sedangkan pada MotoGP 2019 jumlah seri kemungkinan akan bertambah lagi menjadi 20 seri. Hal inilah yang menyebabkan para tim meminta mengurangi jumlah tes agar tidak menambah beban para pembalap dan tim.

“20 balapan itu banyak, tidak hanya untuk pebalap tetapi juga untuk kami semua,” ujar Bos tim Movistar Yamaha Lin Jarvis.

Sedangkan mantan Team Pricipal Repsol Honda Livio Suppo, menyatakan hal yang serupa. Dia berpendapat bahwa dengan dikuranginya tes pra musim akan menjaga keseimbangan para pembalap.

“Sekarang ada enam pabrikan, tiga dari Eropa, dan tiga lagi dari Jepang. Karena 20 balapan itu cukup banyak, dan tidak mudah menemukan satu pekan menjalani tes lagi,” kata Suppo.

Setelah berakhirnya musim MotoGP 2017, para pembalap langsung menjalani dua tes di Valencia. Tes dilanjutkan pada awal 2018 dengan total 9 hari tes di tiga sirkuit yang berbeda, yaitu di Sepang, Buriram, dan Qatar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here